TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

2 Ruas Tol 17,6 T Diresmikan Jokowi, Sumut Terhubung Hingga Aceh

Diklaim mampu dongkrak perekonomian

Presiden Joko Widodo meyampaikan pidato saat peresmian tol Sinaksak di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Selasa (10/9/2024). (ANTARA FOTO/Yudi Manar)

Simalungun, IDN Times – Presiden Joko Widodo meresmikan dua jalan tol tran sumatra sekaligus, Selasa (10/9/2024). Kedua ruas tol itu yakni Binjai – Langsa dan Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Kutepat). Peresmian tol ini juga menjadi penanda Sumut terhubung dengan Aceh. 

Resminya kedua tol ditandai suara sirine panjang dan penandatanganan prasasti di gerbang Tol Sinaksak. Pada peresmian itu, Jokowi datang bersama para menterinya dan pejabat setempat. Antara lain Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni dan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan.

"Dengan mengucap bismillah, pada pagi hari ini saya resmikan jalan tol ruas Binjai-Langsa seksi 2 Stabat-Tanjung Pura dan Jalan Tol Ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi 3 dan 4 Tebing Tinggi-Serbelawan- Sinaksak di Provinsi Sumut," kata Jokowi.

1. Kedua tol menghabiskan anggaran hingga 17,6 triliun

Tol ruas Binjai-Langsa seksi 2 Stabat-Tanjung Pura dibangun sejak 2020. Panjangnya mencapai 26,2 Km. Pembangunan memakan anggaran negara Rp11,6 triliun.

Sementara ruas tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi 3 dan 4 itu dibangun sejak 2018 dengan panjang 45,6 km. Anggaran yang dihabiskan untuk membangun ruas tol itu sekitar Rp6 triliun. Artinya, kedua ruas tol  menghabiskan anggaran Rp17,6 triliun.

Jalan tol ini akan menjadi bagian dari jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 2.994 km. Jokowi menarget tol trans Sumatra bisa berada di angka 1.100 km pada akhir tahun.

"Tadi Pak Bupati Simalungun menyampaikan, kalau dulu dari Medan ke sini menghabiskan waktu 3,5 sampai 4 jam, sekarang hanya kira-kira 1,5 jam, lebih sedikit," sambung Jokowi.

 

2. Jalan tol bakal dongkrak ekonomi

Presiden Jokowi dalam peresmian jalan tol Binjai-Langsa dan Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat. (YouTube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi berharap beroperasinya jalan tol itu dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Sumut. Khususnya pada koridor Binjai – Langsa (Aceh) dan Tebingtinggi – Parapat.

“Ini juga akan menambah daya saing daerah dan sistem logistik mobilitas orang, mobilitas barang semakin cepat, sehingga kita bisa bersaing dengan negara lain," pungkasnya.

Berita Terkini Lainnya