TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PT KAI Sediakan Pengobatan Gratis dengan Rail Clinic

Bakti Sosial Rail Clinic digelar 2 hari di lokasi berbeda

PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional I Sumatera Utara menyelenggarakan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (Dok. KAI Divre I Sumut)

Medan, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara menyelenggarakan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) melalui pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis dengan kereta kesehatan (Rail Clinic).

Hal ini dalam rangka menyambut HUT ke-79 KAI yang juga sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat khususnya yang tinggal di sekitar wilayah kerja kereta api.

Bakti Sosial Rail Clinic ini digelar selama 2 hari di lokasi berbeda, yakni di Stasiun Mambang Muda pada Rabu (18/9/2024) dan Stasiun Padang Halaban Kamis (19/9/2024) dengan memberikan pelayanan sekaligus pengobatan gratis kepada masyarakat yang tinggal di sekitar stasiun.

1. Kereta kesehatan dilengkapi fasilitas dental unit, EKG, USG, autorefraktometer dan laboratorium

Rail Clinic merupakan kereta kesehatan yang pembuatannya dilatarbelakangi oleh semangat KAI untuk memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat Indonesia, khususnya dibidang kesehatan dengan memanfaatkan jalur KA untuk menjangkau daerah-daerah yang sulit dilalui oleh kendaraan umum. Program Rail Clinic ini juga sebagai salah satu bentuk dari pelaksanaan program TJSL KAI.

Rangkaian ini terdiri atas dua kereta diesel dengan fasilitas pelayanan kesehatan antara lain yakni, pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama meliputi pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, kesehatan ibu dan anak, pemeriksaan kesehatan mata, apotek, penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan kebidanan lanjutan. Kereta kesehatan juga telah dilengkapi fasilitas dental unit, EKG, USG, autorefraktometer dan laboratorium.

2. Mengundang 400 orang masyarakat di sekitar stasiun untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis

KAI Divre I Sumut pada kegiatan ini menyiapkan tim kesehatan yang terdiri dari 2 dokter umum, 2 dokter gigi, 1 dokter spesialis kandungan, 1 bidan, 2 analis, 2 apoteker. Kegiatan bakti sosial Rail Clinic di Stasiun Mambang Muda dan Padang Halaban secara total mengundang 400 orang masyarakat di sekitar stasiun untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis.

KAI juga memberikan alat bantu kacamata secara gratis untuk 20 siswa SD. Pembagian kacamata diberikan pada siswa SD yang sebelumnya telah dilakukan pemeriksanaan mata di sekolahnya.

Dalam kesempatan ini juga diadakan sosialisasi terkait dengan keselamatan dan keamanan perjalanan Kereta Api.

Berita Terkini Lainnya