TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Didemo Pedagang, Dirut PD Pasar Medan Langsung Diberhentikan Bobby

Suwarno pasrah pada putusan Wali Kota Medan

Para aksi massa pedagang yang menolak rencana revitalisasi Pusat Pasar Medan (Dok. Istimewa)

Medan, IDN Times - Wali Kota Medan, Bobby Nasution memberhentikan Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pasar Kota Medan, Suwarno. Hal ini diungkapkannya di hadapan ratusan massa aksi pedagang Pusat Pasar Medan, pada Senin (23/9/2024). 

"Mulai hari ini, Dirut PUD Pasar Kota Medan saya nonaktifkan sementara. Jadi segala urusan langsung bukan lagi ke PUD Pasar Kota Medan," ujar Bobby, yang pada saat itu juga turut hadir Suwarno mendampinginya didepan Kantor Wali Kota Medan.

1. Berawal dengan aksi demo yang menuntut tolak revitalisasi Pusat Pasar Medan

Aksi ini digelar dalam persoalan mendasar yakni, sekaitan rencana Pemko Medan melalui PUD Pasar merevitalisasi Pusat Pasar Medan yang ditolak oleh pedagang. Rencana tersebut akan semakin membuat kehidupan pedagang semakin sulit, sebab mereka sementara waktu akan dipindahkan selama proses pembangunan berlangsung.

"Kami ke sini adalah murni pedagang, kami bukan ditunggangi, ini adalah perjuangan kami. Kami tidak ingin digusur dengan alasan revitalisasi. Kami butuh pekerjaan," teriak salah satu pedagang.

"Ini semua butuh makan dan butuh pekerjaan untuk menghidupkan keluarga masing-masing, ketakutan kami ketika revitalisasi terjadi maka kami para pedagang akan digusur dan saat perbaikan juga kemana kami akan berjualan. Untuk itu kami sepakat tolak revitalisasi," tambahnya.

Kemudian Bobby menghampiri aksi protes pedagang. Dia meminta para pedagang menyampaikan secara resmi permasalahan mereka.

2. Alasan pedagang menolak direvitalisasi karena kondisi Pusat Pasar saat ini sangat sepi pembeli

Diakui Bobby, jika persoalan di Pusat Pasar sudah lama diketahuinya dan telah mendapat penjelasan dari Suwarno selaku Dirut PUD Pasar bahwa di tengah kesulitan ekonomi secara global juga berdampak keterbatasan fiskal Pemko Medan dalam merevitalisasi pasar tradisional yang ada, termasuk Pusat Pasar Medan.

Para demonstran tampak tidak puas mendengar penjelasan Bobby.

Kemudian, Koordinator Aksi, Edi mengungkapkan kondisi Pusat Pasar saat ini sangat sepi pembeli. Atas dasar itu pedagang bersikukuh rencana revitalisasi Pusat Pasar oleh pihak ketiga lebih baik dibatalkan.

"Terus terang pak wali, kami selama ini berharap pihak PUD Pasar Medan datang dan melihat kondisi pasar yang sebenarnya. Sudah lama dijanjikan akan diperbaiki PUD Pasar Medan, namun keluhan kami juga tidak terlalu diperhatikan," beber pedagang lagi.

Mendengar segala aspirasi pedagang, Bobby secara mengejutkan mengeluarkan statemen bahwa hari ini juga memberhentikan Suwarno sebagai Dirut PUD Pasar.

Pedagang menyambut riang keputusan wali kota tersebut, seraya berharap ada perubahan baru bagi mereka untuk keberlanjutan usaha di sana. Mereka lantas membubarkan diri dengan tertib karena merasa aspirasinya direspon sangat baik oleh Wali Kota.

3. Suwarno mengaku pasrah dengan keputusan Bobby

Sementara itu, Suwarno mengaku pasrah sebagai bawahan yang tentunya menerima keputusan tersebut.

"Saya selaku dirut PUD Pasar Kota Medan menyerahkan apapun keputusan dari pimpinan saya," tutur Suwarno.

Baca Juga: Kadishub Medan Dinonaktifkan Gegara Parkir Berlangganan

Berita Terkini Lainnya