Resmi Cabup Batubara, Baharuddin Siagian Mundur dari Kadispora dan ASN

Baharuddin seharusnya pensiun 2026

Medan, IDN Times- Baharuddin Siagian memutuskan mundur dari jabatannya sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumatra Utara (Sumut). Dia juga pensiun dari Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal itu usai ditetapkannya dirinya sebagai calon Bupati Kabupaten Batubara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Minggu (22/9/2024). 

"Saya mulai mengambilnya (keputusan) tadi malam, karena saya sudah ditetapkan sebagai calon Bupati di Kabupaten Batubara. Maka praktis, otomatis saya sudah tidak menjabat lagi sebagai Kadispora dan juga sebagai ASN," kata Baharuddin di Aula Wisma Atlet, Senin (23/9/2024). 

1. Seharusnya pensiun dari ASN 16 Juni 2026

Resmi Cabup Batubara, Baharuddin Siagian Mundur dari Kadispora dan ASNBaharuddin Siagian memutuskan mundur dari Kadispra (IDN Times/Doni Hermawan)

Baharuddin mengatakan, dirinya juga mundur dari ASN yang harusnya dilakukannya 2 tahun lagi. 

"Saya resign, yang seharusnya saya pensiun 16 Juni 2026, tapi saya resign mulai hari ini dan sudah diajukan ke BAKN. Pesan saya kepada adik-adik saya di Dispora, pertama bekerja serius dan sungguh-sungguh. Kalau pekerjaan itu sudah dimulai, harus diselesaikan. Pekerjaan itu tidak boleh terbengkalai," katanya.

2. Venue-venue yang dibangun diharapkan bisa dirawat

Resmi Cabup Batubara, Baharuddin Siagian Mundur dari Kadispora dan ASNPotret Stadion Utama Sumut di Sport Centre Desa Sena, Kabupaten Deli Serdang, Sumut pada Kamis (5/9/2024). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Bahar diketahui menjabat sebagai Kadispora untuk kedua kalinya pada Januari 2023. Sebelumnya dia menjabat Kadisnaker Sumut.

Dia mengatakan, selama 1 tahun 8 bulan terakhir mereka telah bekerja keras untuk memersiapkan venue-venue untuk PON 2024. 

"Tanggal 5 Januari 2023 saya ke Dispora ini kembali, Desa Sena itu belum apa-apa. Artinya apa yang kita lakukan selama 1 tahun 8 bulan untuk venue itu sudah luar biasa," jelasnya.

Ketua Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Sumut itu mengingatkan, legacy venue-venue itu harus dirawat dan dimanfaatkan dengan baik.

"Hari ini venue kita sudah cukup baik dan memadai, sudah bertaraf nasional dan internasional. Ini dibuktikan dengan Stadion Madya Atletik, punya sertifikat. Kejuaraan tingkat dunia pun bisa kita gelar. Stadion Utama kita luar biasa, (kapasitas) 26 ribu penonton. Ini kebanggaan. Juga Martial Art Arena, ada bowling terbaik, juga Stadion Mini yang diakui Pak Erick Thohir," kata Baharuddin.

3. Ada tiga nama bersaing di Pilkada Batubara

Resmi Cabup Batubara, Baharuddin Siagian Mundur dari Kadispora dan ASNBaharuddin Siagian memutuskan mundur dari Kadispra (IDN Times/Doni Hermawan)

Baharuddin bersama Syafrizal maju sebagai calon bupati dan calon wakil bupati Batubara. Keduanya diusung PKS, PAN, PKB, Gerindra, PPP, Perindo dan PBB.

Ia akan bersaing dengan paslon Zahir-Aslam Rayuda didukung dan diusung, Partai Hanura, PDI Perjuangan, dan Partai Ummat. 

Sementara Darwis-Oky Iqbal Frima, didukung dan diusung Partai NasDem dan Partai Demokrat.

Baca Juga: Sumut Posisi 4 PON 2024, Samai Prestasi 1953 dan 1973

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya