Appsindo Sumut Minta Pusat Pasar Jangan Direvitalisasi

Jika direvitalisasi ciri khas pasar tradisional akan hilang

Medan, IDN Times - Aliansi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (Appsindo) Provinsi Sumut dan Kota Medan menyatakan mendukung penuh Calon Wali Kota Medan Rico Waas di Pilkada 2024. Dukungan disampaikan usai Rico Waas menyapa para pedagang di Pusat Pasar Medan, pada Jumat (20/9/2024).

Pengurus Appsindo memperkenalkan Rico ke seluruh pedagang. Mulai dari yang berjualan di lantai satu hingga lantai terakhir gedung Pusat Pasar. Mereka sangat antusias menyambut kehadiran Wakil Ketua DPW Partai NasDem tersebut.

Ketua Appsindo Sumut, Bgd Agusmarpiliang menyampaikan Appsindo sepakat mendukung Rico Waas di Pilkada mendatang. Apalagi Rico berasal dari Partai NasDem yang sejak dahulu memperjuangkan mengenai revitalisasi pasar melalui Fraksi Partai NasDem.

"Appsindo mendukung penuh Rico Waas menjadi calon wali Kota Medan. Namun kami meminta Pusat Pasar jangan direvitalisasi jika Rico terpilih menjadi Wali Kota Medan ke depan," ujarnya saat diwawancarai wartawan usai mendampingi Rico Waas menyapa para pedagang.

1. Perbaikan harus bertahap, terutama atap dan instalasi listrik

Appsindo Sumut Minta Pusat Pasar Jangan DirevitalisasiRico Waas Kunjungi Pusat Pasar Kota Medan (Dok. IDN Times)

Menurut Agusmarpiliang, pedagang yang jualan di Pusat Pasar berjumlah 3.500 orang. Jika pasar direvitalisasi kemana mereka pergi. Oleh sebab itu, Appsindo menolak rencana pemerintah untuk merevitalisasi Pusat Pasar.

"Kalau direnovasi secara bertahap kami setuju. Misal, dibenahi dulu lantainya, baru asbes, lalu instalasi listriknya. Itu kan bagus. Jika dibongkar total kemana para pedagang perginya. Kemudian, kalau dibongkar total, saya rasa pedagang yang ada di sini tidak sampai 25 persen yang bertahan. Sisanya akan tercampak semuanya," ucapnya tegas.

"Intinya Appsindo sepakat kalau Pusat Pasar ini diperbaiki secara bertahap. Apalagi kondisi pasar agak semrawut. Kalau hujan di atas bocor dan di bawah banjir. Tapi kalau direvitalisasi kami menolak," pungkasnya.

2. Pasar tradisional jadi ciri khas Indonesia

Appsindo Sumut Minta Pusat Pasar Jangan DirevitalisasiRico Waas Kunjungi Pusat Pasar Kota Medan (Dok. IDN Times)

Sekjen Appsindo Sumut Alox D Pinem mengucapkan terima kasih karena Rico Waas sudah mau datang untuk melihat kondisi Pusat Pasar.

"Pedagang senang dia (Rico) datang ke sini. Namun, pedagang saat ini resah dengan isu revitalisasi pasar. Oleh karena itu para pedagang meminta perhatian Rico jika ke depannya terpilih menjadi Wali Kota Medan," ujar Alox.

"Kalau bisa pedagang pasar tradisional ini dipertahankan. Ini kan ciri khas Indonesia. Cuma di pasar tradisional yang ada tawar-menawar. Kalau pasar modern mana bisa," tambahnya.

Alox berharap Rico bisa memberikan perhatian ke Pusat Pasar jika terpilih menjadi Wali Kota Medan ke depan. Jadikanlah kawasan ini tetap pasar tradisional yang ada sejak zaman Belanda.

"Appsindo ada di 53 pasar yang ada di Kota Medan. Kami siap mendukung Rico Waas dan kami sepakat dengan program perbaikan. Tapi kalau menggusur atau mengganti fungsinya, kami tegas menolak," pungkasnya.

Baca Juga: LPS-MA Jalin Kerjasama Lindungan Dana Nasabah Perbankan dan Asuransi

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya