TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Asri Tambunan Cari Solusi Penataan Ulang Bagan Percut

Ingin jadikan bagan percut destinasi wisata Deli Serdang

Asri Tambunan meninjau proses penimbunan tanah di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bagan Percut, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Minggu (15/9/2024). (Dok. IDN Times)

Deli Serdang, IDN Times - Calon Bupati Deli Serdang, Asri Tambunan bersama istri meninjau proses penimbunan tanah di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bagan Percut, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Minggu (15/9/2024).

“Hari ini saya melihat proses penimbunan tanah di TPU Bagan Percut, dimana masalahnya setiap air pasang, makam-makam di sini terendam air luapan muara. Ini menandakan bendungan di belakang sudah tak mampu menahan air,” ucapnya.

Setelah berdiskusi dengan Kepala Desa Percut, kata dia, ke depan akan dicarikan solusi seperti bagaimana mendalamkan muara yang dangkal. Serta menata ulang daerah Bagan Percut agar menjadi lebih baik sehingga daerah aliran sungainya menjadi lebih baik pula.

“Apalagi mata pencaharian warga disini didominasi nelayan. Jika nanti ia diberi amanah untuk memimpin Deli Serdang, nantinya Pemerintah Kabupaten Deli Serdang akan berupaya menjadikan Bagan Percut destinasi wisata baru di Deli Serdang. Tentunya dibutuhkan dukungan masyarakat setempat,” ungkapnya.

Ia berharap, daerah Bagan Percut ke depan bisa menjadi Pasar Terapungnya Deli Serdang yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

1. Kondisi 160 makam sangat memprihatinkan

Ketua Panitia Penimbunan TPU Bagan Percut, Ijul mengatakan, TPU itu mulai ditimbun sejak Juli 2023 dengan target tanah timbunan sedalam 1 meter. Sebab, kondisi 160 makam sangat memprihatinkan sehingga warga Bagan Percut berinisiatif untuk menimbunnya.

“Penimbunan ini sudah sejak 2023 dan ditimbun setiap hari Minggu kami lakukan secara bergotong royong. Untuk pemeliharaan makam, biasanya dikutip iuran setiap minggu secara door to door ke rumah warga. Namun, nominalnya seikhlas hati,” tandasnya.

Berita Terkini Lainnya