Petugas Mengevakuasi Buaya Seberat 150 Kg di Bandara Hang Nadim Batam

Buaya langsung dievakuasi ke BKSDA

Batam, IDN Times- Petugas Bandara Internasional Hang Nadim Batam berhasil mengevakuasi buaya berukuran tiga meter lebih di kawasan terminal cargo bandara.

Kapolsek Kawasan Bandara Hang Nadim, IPTU Kumala Enggar Anjarani mengatakan, penemuan Buaya berukuran kurang lebih 3 meter ini berlangsung pada, Senin 16 Oktober 2023 lalu.

Atas temuan itu, personel Avsec Bandara Internasional Hang Nadim Batam melakukan pemantauan hingga proses evakuasi berlangsung pada, Selasa 17 Oktober 2023 siang.

"Buaya berukuran kurang lebih 3 meter dengan berat 130 kilogram itu ditemukan di terminal cargo Bandara. Sudah dievakuasi oleh beberapa personel Avsec Bandara Hang Nadim Batam," kata IPTU Kumala Enggar Anjarani, Selasa (17/10/023).

1. Buaya yang ditemukan langsung dievakuasi ke BKSDA Kota Batam

Petugas Mengevakuasi Buaya Seberat 150 Kg di Bandara Hang Nadim BatamPetugas saat menemukan buaya di kawasan Bandara Internasional Hang Nadim Batam (istimewa)

IPTU Kumala menjelaskan, setelah berhasil di tangkap, satu ekor buaya yang berukuran jumbo ini langsung dievakuasi ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kota Batam.

Nantinya, buaya tersebut akan dilepaskan ke habitatnya di wilayah perairan yang jauh dari pemukiman penduduk atau lokasi yang dengan objek vital lainnya.

"Akan dibawa ke Pulau Bulan untuk penangkarannya," tegasnya.

Baca Juga: Datang ke Batam, Komisi III DPR RI Bahas Pulau Rempang

2. Penemuan buaya di Bandara Hang Nadim Batam bukan kali pertama

Petugas Mengevakuasi Buaya Seberat 150 Kg di Bandara Hang Nadim BatamPetugas saat menangkap buaya di kawasan Bandara Internasional Hang Nadim Batam (istimewa)

Penemuan buaya di kawasan Bandara Internasional Hang Nadim Batam seperti ini bukan merupakan hal yang mengejutkan bagi para petugas.

Pasalnya, Bandara Internasional Hang Nadim Batam yang hampir dikelilingi oleh rawa-rawa menyebabkan para petugas sering menemukan buaya yang berkeliaran di sekitar kawasan bandara.

"Udah sering kalau buaya dilihat sama petugas di kawasan bandara, tapi yang ketangkap baru ini karena lokasinya berdekatan dengan terminal cargo bandara," tutupnya.

Baca Juga: Pijat di Batam, WN Singapura Jadi Korban Pemerasan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya