Melihat Tanjung Banun Rempang yang Jadi Lokasi Perumahan Baru Warga

Salah satu dari 16 kampung tua 

Batam, IDN Times - Badan Pengusahaan (BP) Batam sudah mulai melakukan tahapan pertama proses relokasi masyarakat Pulau Rempang, Kecamatan Galang, Kota Batam.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 700 Kepala Keluarga (KK) akan di relokasi ke dua titik, antara lain Kampung Tanjung Benun Rempang dan Dapur 3 yang berlokasi di Pulau Galang.

Nantinya di dua lokasi ini akan dibangun perumahan untuk 700 KK yang terdampak relokasi investasi Rempang Eco City.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi menegaskan, nantinya setiap kepala keluarga akan diberikan satu unit rumah beserta pekarangan seluas 500 m2. Rumah-rumah ini disampaikannya memiliki nilai Rp120 juta.

"Nanti masyarakat akan kita pindahkan ke dua lokasi ini dan kami pastikan lokasi pergeseran itu memiliki fasilitas yang lengkap dan tetap mengedepankan budaya adat masyarakat Pulau Rempang," kata Rudi di gedung BP Batam, Selasa (26/9/2023).

 

1. Tanjung Banun Rempang miliki kondisi geografis yang berbukit

Melihat Tanjung Banun Rempang yang Jadi Lokasi Perumahan Baru WargaLokasi Tanjung Banun yang terletak di Pulau Rempang (IDN Times / Putra Gema Pamungkas)

Tanjung Banun Rempang dipilih menjadi salah satu lokasi yang nantinya akan dibangun perumahan untuk masyarakat Pulau Rempang yang terdampak relokasi tahap pertama. 

Lokasi Tanjung Banun Rempang ini terpantau telah memiliki infrastruktur yang sangat memadai. Salah satu contohnya seperti akses jalan yang sudah di aspal, listrik dan air bersih yang memadai.

Selain itu, lokasi Tanjung Banun yang kondisi geografisnya memiliki banyak perbukitan dan bentangan lahan yang sangat luas membuat masyarakat setempat menjadikan lahan-lahan kosong tersebut sebagai area perkebunan dan berternak.

Akan tetapi, hingga saat ini BP Batam belum mengkonfirmasi secara pasti titik lokasi relokasi yang nantinya akan dipergunakan untuk pembangunan rumah-rumah masyarakat terdampak.

 

2. Terdapat Kampung Tua Tanjung Banun

Melihat Tanjung Banun Rempang yang Jadi Lokasi Perumahan Baru WargaKampung Tua Tanjung Banun (IDN Times / Putra Gema Pamungkas)

Kampung Tua Tanjung Banun merupakan salah satu kampung tua yang ada di Pulau Rempang. Lokasi Kampung Tua Tanjung Banun ini dinilai sangat strategis karena berada di bagian pesisir Pulau Rempang.

Tidak hanya itu, masyarakat Kampung Tua Tanjung Banun hanya memerlukan waktu 15 menit untuk mencapai Kantor Camat Galang hingga Puskesmas.

Salah seorang masyarakat Kampung Tua Tanjung Banun, Lustri mengaku senang bahwa kampungnya saat ini tidak termasuk ke dalam proses relokasi.

"Senang, tapi was-was juga kedepannya bagaimana. Kami disini (Kampung Tua Tanjung Banun) sudah beranak cucu. Makanya di kampung ini rata-rata masih ada hubungan keluarga," kata Lustri, Rabu (27/9/2023).

Ia menjelaskan bahwa hampir 95 persen masyarakat Kampung Tua Tanjung Banun mencari rezeki dari hasil laut. Hasil tangkapan masyarakat setempat pun dijual ke berbagai daerah, seperti Kota Batam dan Kota Tanjungpinang.

"Jadi kami turut merasakan perasaan masyarakat yang tergusur, mau cari nafkah bagaimana kalau lokasi tinggalnya jauh dari laut," tuturnya.

3. Harapan masyarakat Kampung Tua Tanjung Banun

Melihat Tanjung Banun Rempang yang Jadi Lokasi Perumahan Baru WargaAktivitas Masyarakat Kampung Tua Tanjung Banun (IDN Times / Putra Gema Pamungkas)

Lustri mengungkapkan bahwa masyarakat setempat sempat panik atas adanya informasi relokasi di Pulau Rempang.

Bahkan, tidak sedikit anak-anak Kampung Tua Tanjung Banun yang menangis dan tidak mau pergi beraktivitas dikarenakan rasa takut yang berlebih.

"Tapi alhamdulillah la sekarang sudah jelas informasinya semua, anak-anak pun sekarang sudah mau main dengan teman-temannya lagi dan kami orang tua juga sudah tidak resah," ungkapnya.

Ia pun berharap agar tidak ada lagi relokasi tahap selanjutnya yang mengorbankan masyarakat-masyarakat setempat.

"Kami harap gak ada lagi la relokasi tahap selanjutnya itu, biarkan la kami tetap disini," tutupnya.

 

Baca Juga: Warga Rempang Menolak, Relokasi ke Rumah Susun Dipastikan Batal

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya