Terpilih Aklamasi di Aceh, Budi Waseso Kembali Pimpin Gerakan Pramuka

Berharap bisa membina dan menyiapkan generasi muda bangsa

Banda Aceh, IDN Times - Budi Waseso kembali terpilih sebagai ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka masa bakti 2023-2028. Pensiunan perwira tinggi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) itu terpilih secara aklamasi.

Purnawirawan bintang tiga atau Komisaris Jenderal Polisi tersebut terpilih dalam dalam Musyawarah Nasional (Munas) Ke-XI Gerakan Pramuka yang berlangsung di Balai Meuseuraya Aceh (BMA), Kota Banda Aceh, Aceh yang digelar 1-4 Desember 2023.

“Memperhatikan hasil sidang pleno Munas ke-11 tahun 2023, memutuskan, menetapkan, pertama Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka terpilih masa bakti 2023-2028, Kakak Komisaris Jenderal Polisi Purnawirawan Drs Budi Waseso,” ucap Kak Sri Puryono, Ketua Presidium Munas, Senin (04/12/2023).

1. Budi Waseso berjanji akan terus melanjutkan program yang belum terlaksanakan

Terpilih Aklamasi di Aceh, Budi Waseso Kembali Pimpin Gerakan PramukaBudi Waseso, terpilih sebagai ketua ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka masa bakti 2023-2028, dalam Munas XI di Banda Aceh, Aceh. (Dokumentasi Iskandar untuk IDN Times)

Sementara itu, Budi yang baru kembali terpilih menyampaikan bahwa dirinya akan terus melanjutkan program-program yang belum terselesaikan dari masanya sebelumnya. Selain itu, juga akan memperbaiki kekurangan yang belum terselesaikan sebelumnya.

“Semua sudah di bahas, disini betul betul demokrasi, dan ini hal biasa,” kata Budi, Senin, 4 Desember 2023.

2. Berharap bisa membina dan menyiapkan generasi muda untuk bangsa

Terpilih Aklamasi di Aceh, Budi Waseso Kembali Pimpin Gerakan PramukaKetua Kwartir Nasional Pramuka 2018-2023, Budi Waseso (Buwas) memberikan keterangan pers usai terpilih menjadi Ketua Kwarnas Pramuka, di Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (28/9/2018). ANTARA FOTO/Jojon/aww.

Budi sebelumnya menjabat sebagai ketua Kwarnas Gerakan Pramuka untuk periode 2018-2023. Dia terpilih sebagai pimpinan Gerakan Pramuka dalam Munas X di Kendari, Sulawesi Tenggara, pada 2018.

Oleh karena itu, di masa baktinya sebagai ketua Kwarnas yang baru ini, ia berharap bisa  membina dan menyiapkan generasi muda yang mempunyai integritas serta karakter baik untuk bangsa Indonesia.

“Karena ke depan harus diisi anak muda yang integritas, yang penting adalah kita harus komitmen dalam putusan munas ini, dan saya juga memiliki kewajiban menjalankan ini,” ujarnya.

3. Sempat ada mencuat empat calon ketua

Terpilih Aklamasi di Aceh, Budi Waseso Kembali Pimpin Gerakan PramukaKetua Kwarnas Gerakan Pramuka, Budi Waseso (dok. Sekretariat Presiden)

Sehubungan dengan itu, sebelumnya sempat ada empat orang yang lewat tahapan administrasi calon ketua Kwarnas Gerakan Pramuka periode 2023-2028. Namun belakangan hanya tiga yang lewat usai persyaratan pernah menjadi pengurus gerakan pramuka selama lima tahun diterapkan.

Adapun ketiga calon yang lewat itu yakni Budi Waseso adalah seorang purnawirawan Polri yang sejak 27 Desember 2018 menjabat sebagai ketua Kwarnas Gerakan Pramuka. Lalu Eris Herryanto adalah seorang purnawirawan perwira tinggi TNI-AU dengan jabatan terakhirnya Sekjen Kemhan RI. Kemudian Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi adalah putri dari Sultan Hamengku Buwono X, gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Namun setelah dilakukan kesepakatan bersama saat munas, Budi Waseso terpilih secara aklamasi atau hanya calon tunggal.

Baca Juga: Kapolda Aceh Minta UNHCR Bertanggung Jawab Terkait Kedatangan Rohingya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya