Pelajar di Aceh Temukan Bayi Dibuang di Pinggir Jalan Jembatan

Bayi berjenis kelamin perempuan dan dalam kondisi sehat

Banda Aceh, IDN Times - Warga Gampong Pango Raya, Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh, Aceh, digegerkan atas penemuan sesosok bayi, pada Kamis (6/4/2023) sekitar pukul 06.40 WIB.

“Sesosok bayi perempuan ditemukan dalam kardus di Jalan Profesor Ali Hasjmy tepatnya kawasan trotoar Jembatan Pango, Desa Pango Raya,” kata Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Ulee Kareng, Inspektur Polisi Satu (Iptu) Roby Afrizal, pada Kamis (6/4/2023).

1. Ditemukan pertama kali oleh seorang pelajar

Pelajar di Aceh Temukan Bayi Dibuang di Pinggir Jalan JembatanPetugas kepolisian saat mengevakuasi bayi dalam kotak ditemukan di Jembatan Pango, Gampong Pango Raya, Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. (Dokumentasi Humas Polresta untuk IDN Times)

Roby menyampaikan, bayi malang diperkirakan berusia satu atau dua hari tersebut ditemukan oleh seorang pelajar berusia 17 tahun, warga Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar. Ketika itu, dia sedang melintas di sekitar lokasi,

“Selesai Salat Subuh saksi yang melintas di kawasan itu melihat ada sebuah kotak kardus di trotoar yang ternyata berisi bayi yang terbalut kain berwarna merah muda,” ujarnya.

2. Bayi dalam kondisi sehat dan tidak ada ditemukan ada tanda kekerasan

Pelajar di Aceh Temukan Bayi Dibuang di Pinggir Jalan Jembatanilustrasi bayi (pexels.com/Ryutaro Tsukata)

Mengetahui bahwa kotak yang dilihatnya berisi bayi, saksi dikatakan Roby, bersama warga lainnya menghubungi pihak kepolisian. Tidak lama kemudian, bayi tersebut dibawa dan dievakuasi ke Puskesmas Ulee Kareng untuk mendapatkan penanganan awal. 

Hasil pemeriksaan medis diketahui bayi perempuan tersebut memiliki berat badan 3,2 kilogram dengan tinggi badan 50 sentimeter.

“Dalam keadaan sehat walafiat, tidak ditemukan adanya tanda kekerasan pada tubuh bayi,” ucap Roby.

3. Polresta Banda Aceh akan terus berkoordinasi terkait kasus pembuangan bayi

Pelajar di Aceh Temukan Bayi Dibuang di Pinggir Jalan Jembatanilustrasi bayi (pexels.com/Szabina Nyíri)

Kini bayi berjenis kelamin perempuan tersebut dirujuk ke Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) di Kota Banda Aceh untuk mendapatkan perawatan lanjut. Dalam penanganannya, pihak medis juga didampingi pihak Dinas Sosial Provinsi Aceh. 

Sementara itu, Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banda Aceh, Komisaris Polisi (Kompol) Fadillah Aditya Pratama mengtakan, pihaknya masih berkoordinasi dengan dinas sosial terkait tindak lanjut penemuan tersebut.

“Namun kita tetap mencari informasi dan koordinasi. Yang penting keselamatan bayinya paling utama,” kata

Baca Juga: Motor dan Bayi Dilarikan Tetangga, Ditemukan di Panti Asuhan Sumbar

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya