Comscore Tracker

Kawanan Gajah Liar Turun ke Pemukiman Warga Bener Meriah

Sebanyak 18 rumah rusak dihantam gajah

Bener Meriah, IDN Times - Kawanan Gajah Sumatera (Elephas Maximus Sumatranus) liar turun dan melintasi kawasan pemukiman warga di Kabupaten Bener Meriah, Aceh, pada Senin (29/11/2021).

“Kawanan gajah liar menyerang pemukiman warga pada Senin, pukul 18.00 WIB,” kata Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas Yunus, pada Selasa (30/11/2021).

Baca Juga: Diduga Depresi, Pengungsi Afghanistan di Medan Bakar Diri

1. Diperkirakan rumah warga yang rusak mencapai 18 unit

Kawanan Gajah Liar Turun ke Pemukiman Warga Bener MeriahKerusakan yang ditimbulkan kawanan gajah usai melintas pemukiman warga di Bener Meriah. (Dokumentasi BPBA untuk IDN Times)

Peristiwa turunnya satwa dilindungi tersebut ke pemukiman warga baru diketahui BPBA usai menerima laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bener Meriah.

Akibat turunnya satwa dilindungi tersebut ke pemukiman warga, 18 unit rumah warga di Gampong Negri Antara dan Blang Rakal, Kecamatan Pintu Rime Gayo dikatakan Ilyas mengalami kerusakan.

“Merusak rumah warga dan perkebunan warga,” ujarnya.

2. Gajah masih terlihat di wilayah pemukiman warga

Kawanan Gajah Liar Turun ke Pemukiman Warga Bener Meriahgettyimages.co.jp

Kini petugas masih melakukan pendataan tingkat kerusakan rumah dan jumlah warga mengungsi dari dua gampong yang dilintasi satwa dengan nama latin Elephas Maximus Sumatranus tersebut.

Sehubungan dengan itu, informasi terakhir yang diterima BPBA hingga Senin pukul 22.45 WIB, kawanan Gajah Sumatera liar masih terlihat di kawasan pemukiman warga.

“Gajah liar masih di wilayah aktivitas warga setempat,” ucapnya.

3. Berikut data rumah warga yang mengalami kerusakan

Kawanan Gajah Liar Turun ke Pemukiman Warga Bener MeriahKerusakan yang ditimbulkan kawanan gajah usai melintas pemukiman warga di Bener Meriah. (Dokumentasi BPBA untuk IDN Times)

Kerusakan 18 unit rumah warga akibat melintasnya kawanan gajah liar tersebut tersebar di dua gampong, Kecamatan Pintu Rime Gayo. Berikut datanya:

Di Gampong Negeri Antara, tercatat ada 16 unit rumah alami rusak, masing-masing milik Nasir, Sofian, Isa, Ridwan, Hasbi, Kamarudzaman, Fakri, Mustafa, Marzuki, Syukri, Abdullah, Dahri, Ridwan Gayo, Teungku Gani, Nadar, dan Selamet.

Sementara itu, di Gampong Blang Rakal, tercatat ada dua unit rumah yang alami rusak, yakni milik Misran dan M Nur Asri.

Baca Juga: Polisi Tangkap 11 Orang Terkait Kematian 5 Gajah di Aceh Jaya

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya