Bulog Jamin Beras Impor yang Masuk ke Aceh Bukan Sintetis

Belum ada ditemukan beras plastik milik bulog

Banda Aceh, IDN Times - Perum Bulog Kantor Wilayah (Kanwil) Aceh meminta masyarakat lebih cermat dan tidak mudah percaya terhadap berita hoaks terkait beras sintetis. Hal ini menyikapi maraknya isu beras plastik yang belakangan ini viral di Indonesia, termasuk Aceh.

“Isu yang menyebar saat ini dalam bentuk video di media sosial dan pesan berantai yang menjelaskan bahwa ada beras plastik,” kata Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Aceh, Mukhammad Agung Aulia, dalam keterangan tertulis kepada IDN Times, Jumat (13/10/2023).

1. Bulog Kanwil Aceh jamin beras impor aman

Bulog Jamin Beras Impor yang Masuk ke Aceh Bukan SintetisBongkar muat beras impor milik Perum Bulog di Pelabuhan Malahayati, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Mukhammad mengatakan Perum Bulog Kanwil Aceh bakal menerima hingga 88 ribu ton beras impor asal Thailand dan Vietnam untuk tahun ini. Beras yang sudah masuk atau diterima yakni 56 ribu ton. Jumlah ini sudah termasuk 6.600 ton beras yang tiba pada 11 Oktober 2023.

Beras tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan pasokan beras di Aceh. Termasuk penyaluran Program Bantuan Pangan serta Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) guna menstabilkan harga pangan yang ada di Tanah Rencong dan juga untuk pengendalian inflasi.

Meski beras impor yang masuk mencapai puluhan ribu ton, namun Perum Bulog Kanwil Aceh memastikan bahan pangan itu aman untuk dikonsumsi. Sebab beras yang masuk sudah melalui pemeriksaan oleh Surveyor Independen dan Balai Karantina.

“Bahkan sebelum pembongkaran dari Kapal, beras tersebut diperiksa terlebih dahulu oleh Balai Karantina. Jadi, beras yang ada di Gudang Bulog saat ini dapat dipastikan dalam kondisi aman,” ujar Aulia.

2. Belum ada ditemukan beras sintetis atau plastik milik bulog

Bulog Jamin Beras Impor yang Masuk ke Aceh Bukan SintetisBongkar muat beras impor milik Perum Bulog di Pelabuhan Malahayati, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Mukhammad menyampaikan belum ada menemukan beras sintetis maupun plastik dalam kemasan milik bulog di pasaran. Hal ini diakuinya karena ketatnya proses pemeriksaan sebelum masuk maupun dibongkar di pelabuhan.

Bahkan untuk di Tanah Rencong dikatakan Mukhammad, pihaknya berkoordinasi dengan Satgas Pangan dari  Subdit Ekonomi Dit Intelkam Kepolisian Daerah Aceh mengantisipasi maraknya isu beras sintetis maupun plastik yang ada di pasar.

“Kita yakinkan bahwa berita terkait dengan beras sintetis dan beras plastik tersebut sampai dengan saat ini kita belum pernah menemukan di barang yang milik kemasan bulog,” kata Mukhammad.

“Bahwa beras bersumber dari pengadaan dalam maupun impor sudah melalui proses pemeriksaan survei yang sangat ketat sehingga isu bahwa ada beras sintetis milik Perum Bulog itu kami nyatakan tidak benar,” tegasnya.

3. Masyarakat diminta untuk tidak terprovokasi isu hoaks

Bulog Jamin Beras Impor yang Masuk ke Aceh Bukan SintetisBongkar muat beras impor milik Perum Bulog di Pelabuhan Malahayati, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Sehubungan dengan itu, mengantisipasi hal tidak diinginkan akibat informasi bohong atau hoaks, Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Aceh meminta kepada masyarakat agar tidak terpengaruh isu yang belum diketahui kebenarannya.

Mukhammad mengakui bahwa pihaknya tetap menjaga dan memastikan beras yang akan disalurkan ke masyarakat dalam kondisi serta kualitas terbaik sesuai dalam ketentuan.

“Insyaallah mudah-mudahan itu -berita beras plastik- hanya sebagian daripada berita yang tidak benar,” kata Mukhammad.

“Meminta kepada masyarakat jangan terprovokasi dan tidak ikut menyebarkan isu hoaks yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbuhnya.

Baca Juga: Manajemen PSPS Yakin Ridwan Saragih Bisa Kalahkan PSMS Minggu Ini

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya