Anak Gajah Sumatra Ditemukan Dengan Kondisi Belalai Terkena Jerat

Gajah alami luka serius

Aceh Jaya, IDN Times - Satu individu anak Gajah Sumatra (Elephas Maximus Sumatranus) liar ditemukan di wilayah Gampong Alue Meuraksa, Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya, Aceh, pada Sabtu (13/11/2021). Satwa dilindungi itu pun lalu dievakuasi oleh tim gabungan, pada Minggu (14/11/2021).

Adapun tim gabungan yang terlibat terdiri dari Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Conservation Response Unit (CRU) Sampoiniet, Bagian Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Teunom-Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) I, Pusat Kajian Satwa Liar (PKSL) Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala (FKH USK), beserta masyarakat 

1. Terkena jerat di bagian belalai

Anak Gajah Sumatra Ditemukan Dengan Kondisi Belalai Terkena JeratKaki anak gajah yang terkena jerat (IDN Times/BKSDA Aceh)

Kepala BKSDA Aceh, Agus Arianto mengatakan, informasi adanya ada gajah liar pertama kali diketahui pihaknya dari masyarakat, pada Sabtu, sekitar pukul 22.30 WIB. Setelah itu, tim bergerak melakukan upaya pencarian dalam rangka penyelamatan.

Berdasarkan laporan dan informasi yang pihaknya terima dari masyarakat, anak gajah terlihat bergerak sendiri atau terpisah dari rombongan dengan kondisi terluka di bagian belalai.

"Dan terlihat sisa jerat yang masih menempel di bagian belalai yang terluka," kata Agus, pada Minggu (14/11/2021).

"Diduga terjeratnya di tempat lain dan bukan di kawasan tempatnya ditemukan," imbuhnya.

Baca Juga: Fakta-fakta Pembantaian Gajah Sumatra Tanpa Kepala di Aceh Timur

2. Anak gajah mengalami luka serius dan sudah cukup lama

Anak Gajah Sumatra Ditemukan Dengan Kondisi Belalai Terkena Jeratilustrasi bayi gajah (theguardian.com)

Gajah Sumatra yang diperkirakan berusia satu tahun dan berjenis kelamin betina tersebut baru ditemukan oleh tim pada Minggu, pukul 14.00 WIB. Usai ditemukan, tim lalu melakukan pembiusan guna melakukan penanganan medis dan pelepasan jerat yang masih menempel di belalainya.

Hasil observasi tim medis diketahui anak gajah itu mengalami luka serius akibat terkena jerat pada bagian tengah belalainya. Diperkirakan luka tersebut dikatakan Agus, sudah berlangsung lama.

Dikarenakan luka yang dialami cukup parah, rencananya anak gajah liar tersebut akan dievakuasi ke Pusat Pelatihan Gajah (PLG) Saree, di Kabupaten Aceh Besar untuk mendapatkan perawatan medis lanjutan.

"Saat ini proses evakuasi sedang berjalan," kata kepala BKSDA Aceh itu.

3. Sekilas tentang Gajah Sumatra

Anak Gajah Sumatra Ditemukan Dengan Kondisi Belalai Terkena Jeratinstagram.com/nadinelist

Gajah Sumatra (Elephas Maximus Sumatranus) merupakan salah satu jenis satwa liar dilindungi di Indonesia. Itu berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar yang Dilindungi.

Berdasarkan The IUCN Red List of Threatened Species, satwa yang hanya ditemukan di Pulau Sumatra ini berstatus Critically Endangered atau spesies yang terancam kritis, beresiko tinggi untuk punah di alam liar.

BKSDA Aceh mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian alam khususnya satwa liar Gajah Sumatra dengan cara tidak merusak hutan yang merupakan habitat berbagai jenis satwa, serta tidak menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup ataupun mati serta tidak memasang jerat ataupun racun yang dapat menyebabkan kematian satwa liar dilindungi yang dapat dikenakan sanksi pidana sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga: Polisi Tangkap 11 Orang Terkait Kematian 5 Gajah di Aceh Jaya

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya