Cegah Meluasnya Virus Corona, Mall-mall di Medan dan Binjai Ini Tutup 

Plaza Medan Fair, Sun Plaza, hingga Binjai Super Mall

Medan, IDN Times - Sejumlah Mall di Kota Medan dan Kota Binjai, memilih tutup untuk sementara waktu. Namun, para pekerja tidak dilakukan dalam Pemutusan Hubungan ‎Kerja (PHK). Mereka hanya dirumahkan sementara sampai waktu ditentukan.

Lenny Yun Manalu selaku Marcomm Manager Plaza Medan Fair, mengatakan penutupan jam beroperasi Plaza Medan Fair berlaku sejak 1 hingga 14 April 2020. Selanjutnya kembali dibuka pada 15 April 2020.

"Untuk mendukung himbauan Pemerintah Indonesia dan juga himbauan pemerintah daerah Provinsi Sumatera Utara, Lippo Malls Indonesia (grup dari Plaza Medan Fair) mengambil  langkah dengan menutup sementara,"‎ ungkap Lenny.

1. Penutupan Mall diharapkan dapat mengurangi mobilitas masyarakat dari dampak COVID-19

Cegah Meluasnya Virus Corona, Mall-mall di Medan dan Binjai Ini Tutup Mall Plaza Medan Fair (IDN Times/Yurika Febrianti)

Dalam hal tersebut, Lenny menjelaskan penutupan ‎untuk sementara operasional pihak Lippo Malls berharap dapat mengurangi mobilitas masyarakat dan melindungi masyarakat dari dampak COVID-19 yang semakin meningkat secara nasional.

Selain itu, juga sebagai bentuk tanggungjawab Lippo Malls Indonesia dalam membantu pemerintah dan juga Rumah Sakit agar memperlambat penyebaran virus mematikan itu. 

"Penutupan ini juga sejalan dengan himbauan pemerintah pusat untuk bekerja dari rumah dan menjaga jarak serta kebijakan beberapa pemerintah daerah untuk melakukan penutupan kantor-kantor dan beberapa bidang usaha," tutur Lenny. 

2. Tenant yang menyediakan jasa pesan antar akan tetap beroperasi melayani

Cegah Meluasnya Virus Corona, Mall-mall di Medan dan Binjai Ini Tutup Ilustrasi. Sepi pengunjung Mall Plaza Medan Fair (IDN Times/Yurika Febrianti)

Dirinya juga menambahkan bahwa‎ untuk tenant yang menjual kebutuhan sehari-hari  seperti supermarket, bank, apotek, dan restoran tertentu yang menyediakan jasa pesan antar, akan tetap beroperasional melayani masyarakat. Dimulai pada pukul 11.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB, pada hari Senin hingga Minggu. 

"Kami berdoa dan tetap berpikir positif bahwa situasi akan membaik sehingga kami dapat beroperasi normal kembali untuk melayani masyarakat.  Kami yakin Indonesia dapat melewati masa sulit ini.  Bersama kita bersatu lawan COVID-19," sebut Lenny.

Baca Juga: [FOTO] Imbas Corona, Jam Operasional Thamrin Plaza Medan Diubah

3. Sun Plaza Medan juga tutup, jadwal buka kembali 15 April 2020

Cegah Meluasnya Virus Corona, Mall-mall di Medan dan Binjai Ini Tutup Pintu masuk Plaza Medan Fair (IDN Times/Yurika Febrianti)

Selain itu, Sun Plaza Medan juga menutup sementara aktivitas mall sejak 1 hingga 14 April 2020 dan dibuka kembali pada 15 April 2020.

"Untuk tenant yang menjual kebutuhan sehari-hari seperti supermarket, bank, apotek, dan restoran tertentu yang menyediakan jasa pesan antar akan tetap beroperasional melayani masyarakat seperti Hypermarket pukul 11.00 WIB hingga 20.00 WIB (weekday) dan pukul 11.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB (weekend). Bank, apotek dan restorant tertentu: 11.00 – 18.00 (All day)," jelas Marcomm Manager Sun Plaza, Yokie.

4. BSM tutup, sebagian tenant tetap buka untuk penuhi kebutuhan masyarakat sekitar

Cegah Meluasnya Virus Corona, Mall-mall di Medan dan Binjai Ini Tutup lippomalls.com

Begitu juga, Binjai Super Mall‎ juga menutup jam operasionalnya sejak 31 Maret 2020 hingga 13 April 2020.

Marketing Communication Manager Binjai Supermall, Diniasih Nasution mengatakan ada sejumlah tenant tetap buka dan melayani masyarakat.

‎"Adapun beberapa tenant yang tetap buka demi memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar yaitu, Hypermart, Guardian, Watsons, Bank BJB, Bank Mandiri," ungkap Diniasih.

5. Tenant Food and Beverages tetap beroperasi, namun hanya melayani pesanan Jasa Antar

Cegah Meluasnya Virus Corona, Mall-mall di Medan dan Binjai Ini Tutup Mall Plaza Medan Fair (IDN Times/Yurika Febrianti)

Begitu juga, ‎untuk tenant Food and Beverages yang beroperasi hanya melayani pesanan Jasa Antar atau Online Delivery Service dan Take Away, seperti Richeese Factory, Kopi Kenangan, Chatime, Es Teler 77 dan Kopi Janji Jiwa.

"‎Mari kita bersama saling mencegah penyebaran COVID-19 dan menjaga kesehatan bagi diri sendiri dan orang lain," tutupnya.

Baca Juga: Cegah COVID-19, Mall-mall di Medan dan Binjai Ini Batasi Jam Operasi

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya