Cegah COVID-19, Mall-mall di Medan dan Binjai Ini Batasi Jam Operasi

Grup Lippo Mall memutuskan untuk buka lebih singkat

Medan, IDN Times - Kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah bekerja di rumah dan meliburkan karyawan berdampak pada sejumlah pusat berbelanjaan  di Medan. Salah satu grup mall besar di Indonesia, Grup ‎Lippo Malls menyikapi surat edaran dengan antisipasi dan pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19 dengan membatasi mobilitas massa dalam jumlah besar di Mall.

Hal ini dilakukan agar warga tidak keluyuran di mall dan memilih tetap di rumah sesuai anjuran pemerintah.

1. Hari kerja, jam operasional Lippo Mall pukul 11.00 - 22.00 WIB

Cegah COVID-19, Mall-mall di Medan dan Binjai Ini Batasi Jam OperasiPintu masuk Plaza Medan Fair (IDN Times/Yurika Febrianti)

Corporate PR ‎Lippo Malls, Nidia N. Ichsan mengatakan pihaknya mengikuti himbau tersebut, dengan melakukan penyesuaian jam operasional Lippo Malls di Kota Medan dan Binjai, seperti Sun Plaza, Plaza Medan Fair, Lippo Plaza Medan dan Binjai Supermall.

"‎Hari Senin - Kamis Buka Pukul 11.00-20.00 WIB, Hari Jumat Buka 11.00-21.00 WIB. Hari Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional Buka 10.00-22.00 WIB," kata Nidia.

2. Jam Operasional terbaru ditetapkan sampai 30 Maret 2020

Cegah COVID-19, Mall-mall di Medan dan Binjai Ini Batasi Jam OperasiPengukuran suhu tubuh pengunjung Mall (IDN Times/Yurika Febrianti)

Jam operasional terbaru ini disebabkan pademi virus corona. Mulai berlaku Jumat 30 Maret 2020 hingga 19 April 2020. Nidia menjelaskan pihaknya memperlakukan jam operasional pada 30 mall saja. Namun, sudah sampai saat ini sudah lebih 40 mall se-Indonesia. 

"Awalnya, 4 wilayah kita meluas ke wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi dan Lubuk Lingau penyesuaian jam operasional," ucapnya.

Baca Juga: Pandemi Corona, Banyak Pelajar di Medan  Berkeliaran di Luar Rumah

3. Perubahan jam operasional dapat mengurangi mobilitas masyarakat

Cegah COVID-19, Mall-mall di Medan dan Binjai Ini Batasi Jam OperasiMobilitas pengunjung Mall terlihat sepi (IDN Times/Yurika Febrianti)

Nidia menyampaikan ‎ketentuan ini, tidak berlaku bagi Hypermart, Super Market yang menjualan kebutuhan pokok bagi masyarakat‎. Dengan kondisi ini, pasokan kebutuhan sehari-hari dapat terlayani bagi masyarakat.

"Dengan perubahan jam operasional ini, Lippo Malls berharap mengurangi mobilitas warga dan melindungi publik dari dampak COVID-19. Mal memiliki waktu lebih untuk memastikan kebersihan gedung sebelum dibuka. Karyawan yang bekerja di mal juga bisa menghindari berdesak-desakan di jam sibuk untuk masuk di hari kerja," tutur Nidia.

4. Mall sediakan hand sanitizer untuk pengunjung

Cegah COVID-19, Mall-mall di Medan dan Binjai Ini Batasi Jam OperasiPetugas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Polonia beri handsanitizer pada pemohon paspor (IDN Times/Yurika Febrianti)

Nadia mengatakan untuk ‎semua protokol keamanan publik seperti kebersihan gedung, pengukuran suhu badan semua pengunjung, menyediakan hand sanitizer tetap dijalankan dan diawasi secara ketat. 

Kemudian, ia menambahkan untuk acara-acara di dalam mal yang berpotensi mengumpulkan pengunjung telah pihak Lippo Malls ditiadakan. 

"Kami berharap langkah serius kami sejalan dengan usaha Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah setempat guna memerangi pandemi COVID-19," kata Nidia.

5. Berharap Mall dapat beroperasi normal

Cegah COVID-19, Mall-mall di Medan dan Binjai Ini Batasi Jam OperasiSepi pengunjung Mall Plaza Medan Fair (IDN Times/Yurika Febrianti)

Nidia meyakini ‎Indonesia dapat melewati masa sulit ini, dengan bersama bersatu lawan COVID-19.

"Kami berdoa dan tetap berpikir positif bahwa situasi akan membaik sehingga jam operasional dapat kembali seperti semula dan mal dapat beroperasi normal kembali," tutupnya.

Baca Juga: Ada Pasar Malam Modern dan Beragam Acara di HUT ke-12 Binjai Supermall

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya