Kodrat Shah Dimakamkan, Ini Pesan Ruhut Sitompul hingga Pj Gubernur

Kepergian Kodrat Shah bawa duka mendalam ratusan pelayat

Medan, IDN Times - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Hanura sekaligus Ketua MPW Pemuda Pancasila Sumatra Utara Kodrat Shah dimakamkan di Pemakaman Sei Deli, Jumat (1/12/2023) siang. Kodrat meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta, Kamis (30/11/2023 sore. Jenazahnya dibawa ke Medan pada Jumat dini hari pukul 01.19 WIB di kediamannya yakni Kompleks Cemara Asri Jalan Tulip no.27.

Ratusan pelayat dari berbagai kalangan dan tokoh masyarakat tumpah ruah di kediaman almarhum. Baik itu kader Pemuda Pancasila, pengurus Partai Hanura, Pj Gubernur Sumatra Utara, Kapolda, Ketua DPRD Sumut, Walikota Medan, sampai Wakil Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah yang merupakan keponakannya.

1. Kodrat Shah dikenal sebagai orang yang baik

Kodrat Shah Dimakamkan, Ini Pesan Ruhut Sitompul hingga Pj GubernurKetua partai Hanura Sumut El Adrian Shah sampaikan duka mendalam atas meninggalnya Kodrat Shah (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Kodrat Shah mengembuskan napas terakhirnya di usia 62 tahun. Dirinya meninggalkan seorang istri dan 6 orang anak.

Pada momen melayat, salah seorang sahabat Kodrat Shah yang juga merupakan tokoh politik nasional, Ruhut Sitompul, menjelaskan jika sosok almarhum dikenal sebagai sosok yang baik.

"Saya benar-benar kehilangan. Turut berdukacita yang sedalam-dalamnya. Padahal sebelumnya saya janjian mau ketemu dia. Eh, tadi malam saya dikontak ternyata dia meninggal. Saya sangat kehilangan. Dia ini orang baik dan di mata saya sosok terbaik, lah," kata Ruhut.

Ruhut mengaku jika hubungannya dengan Kodrat Shah sangat dekat. Bahkan keluarga besar H. Anif telah menganggapnya sebagai keluarga.

"Sebagai ucapan belasungkawa, kebetulan keluarga besar Pak Anif semuanya telah menganggap saya keluarga. Saya dekat sekali dengan mereka. Saya kaget mendengar kabar duka ini yang begitu tiba-tiba," pungkas Ruhut.

Baca Juga: Tiba Dini Hari, Jasad Kodrat Shah Disambut Isak Tangis Anak Istri

2. Sulit menemukan sosok seperti Kodrat Shah

Kodrat Shah Dimakamkan, Ini Pesan Ruhut Sitompul hingga Pj GubernurKodrat Shah dibawa ke dalam ambulan untuk dimakamkan (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Kodrat Shah yang juga merupakan salah seorang tokoh politik dari partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dikenal dengan baik oleh seluruh kadernya. Segala sifat arifnya disebut ketua Partai Hanura Sumut, El Adrian Shah, sebagai suatu hal yang melekat dan wajib diteruskan.

"Sulit mencari sosok seperti beliau. Kepergian beliau ini, saya ingin mengingatkan kepada seluruh kader baik Hanura maupun Pemuda Pancasila, bahwa semasa hidupnya beliau selalu menyampaikan kepada kita untuk menjadi orang yang baik, orang yang jujur, serta orang yang bertanggung jawab dan memegang amanah," aku Adrian.

Ia juga menjelaskan jika dari tutur dan perangai yang diperlihatkan sosok Kodrat Shah, membuat diirinya banyak disukai oleh kalangan dan lapisan masyarakat.

"Beliau disayangi seluruh lapisan, baik muda, tua, atau segala macam kalangan. Semoga kedudukannya diterima di sisi Allah dan menghindarinya dari siksa kubur," kata Adrian.

3. Pesan Pj Gubernur Sumut Hasanuddin untuk almarhum

Kodrat Shah Dimakamkan, Ini Pesan Ruhut Sitompul hingga Pj GubernurPj Gubernur Sumut, Hassanudin, menyampaikan bela sungkawanya (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Pj Gubernur Sumatra Utara, Hassanudin, turut hadir di rumah duka almarhum Kodrat Shah. Kepada awak media dan seluruh tamu yang berhadir ia mengatakan jika Sumatra Utara telah kehilangan salah satu putra terbaiknya.

"Saya atas nama pribadi dan pemerintah Sumatra Utara turut berduka cita yang mendalam dan tentunya kita semua kehilangan salah satu putra terbaik bangsa dari Sumatra Utara," kata Hassanudin.

Ia juga meminta kepada siapapun yang berhadir untuk senantiasa mendoakan almarhum Kodrat Shah dan memaafkan segala tutur kata dan segala khilafnya. Kemudian, Pj Gubernur yang menggantikan Edy Rahmayadi itu mengingatkan kepada semua kalangan yang hadir jika kematian dapat menimpa siapa saja dan kapa saja.

"Bagi semuanya, mari kita sama-sama menyiapkan diri, karena kita semua yang berada di sini akan sama seperti beliau dan akan pulang pada akhirnya. Mari kita terima kedukaan ini dengan ketabahan dan keikhlasan," pungkasnya.

Baca Juga: Sebelum Meninggal, Kodrat Shah Masih Berkomunikasi Soal Asprov Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya