Kongres VII, Pewarta Foto Indonesia Launching Dua Buku Sekaligus

Pewarta Foto Indonesia lahir bersama kemerdekaan bangsa

Tangerang, IDN Times - Forum tertinggi organisasi, Kongres VII Pewarta Foto Indonesia resmi dibuka di Hotel Golden Tulip, Tangerang, Kamis, (1/12/2022). Acara ini akan berlangsung hingga Sabtu (3/12/2022).

Sebanyak 72 undangan yang terdiri dari pengurus PFI Pusat, PFI Kota, dewan penasehat, penguji UKPFI, dan perwakilan Dewan Pers turut meramaikan pembukaan.

Dalam pembukaan itu PFI Pusat meluncurkan dua buku baru, yakni buku Standarisasi Uji Kompetensi yang disusun pengurus PFI Pusat dan penguji UKPFI, serta buku saku Pewarta Foto Indonesia yang disusun Becky Subechi, dari PFI Surabaya.

PFI Pusat juga menyerahkan KTA 2023 kepada PFI Palembang, PFI Lampung, dan PFI Surabaya yang telah tertib menyelesaikan administrasi.

1. Forum untuk memperkuat semangat kemerdekaan pers di Indonesia

Kongres VII, Pewarta Foto Indonesia Launching Dua Buku SekaligusKongres VII Pewarta Foto Indonesia resmi dibuka di Hotel Golden Tulip, Tangerang, Kamis, (1/12/2022). (Dok. Instagram @pewartafotoindonesia)

Anggota Dewan Pers, Ninik Rahayu, berharap Kongres VII PFI bisa menjadi forum yang bisa menjadi forum untuk memperkuat semangat kemerdekaan pers di Indonesia.

“Dengan kemerdekaan pers, Indonesia jauh akan lebih maju dan dengan foto, akan lebih banyak berbicara tentang kondisi demokrasi Indonesia,” ujar Ninik dalam Kongres VII PFI.

2. Pewarta Foto Indonesia lahir bersama kemerdekaan bangsa ini

Kongres VII, Pewarta Foto Indonesia Launching Dua Buku SekaligusDewan Penasehat PFI, Oscar Motuloh (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Salah satu Dewan Penasehat PFI, Oscar Motuloh menyampaikan PFI memang baru secara resmi berdiri pada tahun 1999. Namun cikal-bakal berdirinya sudah ada sejak tahun 1992. 

Lebih jauh lagi, tambahnya, Pewarta Foto Indonesia ini lahir bersama kemerdekaan bangsa ini. Salah satu buktinya adalah peran fotografer Frans Mendur dan Alex Mendur bersaudara yang mengabadikan momen proklamasi pada tahun 1945. 

Sejak saat ini profesi fotografi jurnalistik terus berkembang di Indonesia hingga saat ini.

Oscar mengaku juga bangga dengan kepengurusan PFI 2019-2022. Di mana pada masa kepengurusan ini PFI berhasil masuk menjadi konstituen Dewan Pers dan sudah mulai menggelar Uji Kompetensi Pewarta Foto Indonesia. 

3. Ajang memperkuat silaturahmi

Kongres VII, Pewarta Foto Indonesia Launching Dua Buku SekaligusKongres VII Pewarta Foto Indonesia resmi dibuka di Hotel Golden Tulip, Tangerang, Kamis, (1/12/2022). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Ketua Umum PFI Reno Esnir dan Sekjen Hendra Eka pada kesempatan ini memberikan penghargaan kepada dewan penasehat, badan pemeriksa keuangan, dan pengurus PFI pusat atas kerja kerasnya selama 3 tahun terakhir, serta PFI Tangerang sebagai tuan rumah Kongres.

Ia berharap kongres ini selain untuk memilih ketua dan sekretaris baru serta menyampaikan laporan pertanggungjawaban, juga menjadi ajang memperkuat silaturahmi antar PFI kota yang hadir pada kongres ini.

PFI Pusat mengucapkan terima kasih kepada mitra yang telah mendukung, Sinarmas Land, Bank BTN, XL Axiata, Bank Mandiri, dan Blue Bird.

Baca Juga: Isu Prajurit TNI Jemput Mafia Tambang di  Madina, Ini Kronologinya

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya