Diduga Kena Jerat Babi, Tiga Harimau Sumatra Ditemukan Mati

Awal 2021 ada juga Harimau terkena jerat di Aceh

Aceh Selatan, IDN Times - Tiga individu Harimau Sumatra (panthera tigris sumatrae) ditemukan mati di kawasan hutan Kecamatan Meukek, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, Rabu (25/8/2021).

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Agus Arianto mengatakan tiga harimau tersebut ditemukan mati dalam keadaan terkena jerat. Namun, penyebab kematian belum bisa dipastikan.

"Penyebab kematian belum bisa dipastikan karena harus melalui nekropsi. Tim media hewan BKSDA sudah berada di lokasi temuan harimau mati tersebut," kata Agus Arianto seperti dilansir ANTARA.

Baca Juga: Tuan Tigabelas, Rapper yang Suarakan Kondisi Harimau Sumatra 

1. Dari tiga harimau tersebut, satu individu di antaranya teridentifikasi indukan

Diduga Kena Jerat Babi, Tiga Harimau Sumatra Ditemukan MatiHarimau Sumatera ditemukan mati di Kabupeten Aceh Selatan (Foto: Hafizdhah/ANTARA FOTO)

Agus mengaku pihaknya menerima laporan masyarakat ada harimau terkena jerat diduga untuk menjerat babi hutan. Kemudian, BKSDA Aceh mengerahkan tim ke lokasi harimau yang ditemukan.

Saat tim tiba di lokasi, kata Agus Arianto, tiga satwa dilindungi tersebut ditemukan dalam keadaan mati. Dari tiga harimau tersebut, satu individu di antaranya teridentifikasi indukan.

"Sedangkan dua individu lainnya belum teridentifikasi, berapa umur dan jenis kelaminnya. Kami juga masih menunggu laporan dari tim di lapangan," kata Agus Arianto menyebutkan.

2. Lokasi tiga harimau mati tersebut berada di perbatasan kawasan hutan lindung

Diduga Kena Jerat Babi, Tiga Harimau Sumatra Ditemukan MatiHarimau Sumatera ditemukan mati di Kabupeten Aceh Selatan (Foto: Hafizdhah/ANTARA FOTO)

Menyangkut lokasi penemuan tiga harimau mati diduga terkena jerat babi hutan tersebut, Agus Arianto juga belum bisa memastikan. Dari laporan sementara yang diterima, lokasi tiga harimau mati tersebut berada di perbatasan kawasan hutan lindung. 

"Tiga harimau sumatra tersebut diduga terkena jerat sejak beberapa waktu lalu. Begitu juga jenis jeratnya, masih dalam proses identifikasi. Kami masih menunggu informasi lengkapnya dari tim di lapangan," kata Agus Arianto.

3. Awal 2021 ada juga Harimau terkena jerat

Diduga Kena Jerat Babi, Tiga Harimau Sumatra Ditemukan MatiAnak harimau sumatera yang ditemukan terjerat kawat di Aceh Tenggara. (Foto: Antara)

Pada Januari 2021, kasus Harimau Sumatra terjerat juga terjadi. Satu individu Harimau ditemukan dalam keadaan kaki depan kanan terjerat di kebun warga Desa Gulo, Kecamatan Darul Hasanah, Kabupaten Aceh Tenggara, 22 Januari 2021.

Jerat berupa sling kawat menyebabkan luka pada kaki anak harimau tersebut cukup parah. Anak harimau itu menjalani pemulihan.

Setelah beberapa waktu, anak harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) dilepasliarkan ke kawasan hutan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) pada Sabtu (30/1/2021).

Baca Juga: INJI Warrior Camp, 30 Mahasiswa Dilatih Jurnalisme Lingkungan

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya