Comscore Tracker

9 Bahan Pencerah Wajah Selain Niacinamide, Jadi Lebih Kece!

Siap bikin wajahmu sehat berseri

Meningkatkan kepercayaan diri dapat melalui cara mencerahkan wajah. Tentu, memiliki wajah tanpa noda menjadi impian setiap orang. Tidak heran kini banyak orang yang berlomba-lomba untuk membeli produk pencerah. Maka dari itu, kamu bisa memasukkan kandungan pencerah wajah ke dalam rangkaian skincare mu.

Salah satu kandungan yang terkenal adalah Niacinamide. Selain Niacinamide, masih ada beberapa kandungan canggih lainnya lho. Namun, sebaiknya kamu cari tahu terlebih dahulu kandungan-kandungan tersebut cocok atau tidak dengan kondisi kulitmu. Langsung saja cek daftar kandungannya di bawah ini!

1. Alpha Arbutin 

9 Bahan Pencerah Wajah Selain Niacinamide, Jadi Lebih Kece!contoh gambaran serum alpha arbutin (pexels.com/Jill Burrow)

Alpha Arbutin berfungsi untuk memperlambat produksi melanin (pigmentasi) pada kulit. Kandungan ini mampu menghilangkan noda akibat paparan sinar matahari. Semakin sedikit jumlah melanin, maka tampilan wajah akan semakin cerah. Alpha Arbutin juga dapat dikombinasikan dengan vitamin C untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus.

2. Vitamin C 

9 Bahan Pencerah Wajah Selain Niacinamide, Jadi Lebih Kece!contoh serum vitamin C (unsplash.com/ajie wp)

Kemampuan vitamin C untuk mencerahkan wajah sudah tidak diragukan lagi. Vitamin C membuat warna kulit lebih merata, mencerahkan wajah dan kulit menjadi lembut dan kenyal. Bekas jerawat, noda yang membandel siap dimusnahkan dengan kandungan ini. Jika dipadukan dengan kolagen dapat membuat kulit lebih halus dan kencang.

3. SymWhite 377 

9 Bahan Pencerah Wajah Selain Niacinamide, Jadi Lebih Kece!contoh produk serum dengan kandungan symwhite 377 (shoppe.com/youbeautyofficial)

Baru-baru ini hadir kandungan pencerah wajah yang tak kalah epik bernama SymWhite 377. SymWhite 377 dipercaya lebih ampuh dari Alpha Arbutin. Hasil sebuah studi dari Multidisciplinary Digital Publishing Institute (MDPI) mengatakan bahwa tingkat efikasi 7000 kali lebih baik dari Alpha Arbutin, Beta Arbutin, dan Hydroquinone. Sehingga, noda hitam akibat hiperpigmentasi dapat dilawan lebih efektif.

4. Glutathione 

9 Bahan Pencerah Wajah Selain Niacinamide, Jadi Lebih Kece!contoh serum dengan kandungan gluthatione (stylekorean.com)

Wajah tanpa noda bisa didapatkan dengan menggunakan serum kandungan Glutathione. Cara kerja Glutathione ialah memperlambat produksi melanin, sehingga kulit cerah merona siap didapatkan. Tak hanya mencerahkan, Glutathione juga bagus untuk melembabkan kulit. Kulit yang cenderung kering cocok menggunakan produk ini.

Baca Juga: 7 Cara Merawat Kulit dengan Bahan Alami, Lebih Sehat!

5. Kojic Acid 

9 Bahan Pencerah Wajah Selain Niacinamide, Jadi Lebih Kece!contoh serum dengan kandungan kojic acid (amazon.com)

Permasalahan kulit kusam siap diatasi dengan kandungan kojic acid. Kojic acid merupakan zat asam asal Jepang yang terbuat dari kristal kecil yang memberikan hasil yang bagus untuk kulit. Produk dengan kandungan ini berguna untuk memudarkan noda hitam dan membantu pembentukan enzim tirosin. Pembentukan enzim tirosin dapat mengatur produksi melanin yang membuat kulit terlihat lebih glowing.

6. Licorice 

9 Bahan Pencerah Wajah Selain Niacinamide, Jadi Lebih Kece!contoh serum dengan kandungan licorice (stylekorean.com)

Licorice dikenal sebagai salah satu kandungan pencerah yang sudah banyak di pasaran. Dengan bahan pencerah Licorice, jumlah produksi radikal bebas dapat dikurangi dan memiliki efek anti inflamasi. Penghambatan melanin dan pencegahan pigmentasi akibat sinar ultraviolet atau UVB juga dapat dilakukan oleh kandungan ini.

7. Retinol 

9 Bahan Pencerah Wajah Selain Niacinamide, Jadi Lebih Kece!contoh serum dengan kandungan retinol (avoskinbeauty.com)

Tak hanya dikenal sebagai bahan aktif untuk mencegah penuaan dini saja, tapi retinol juga bekerja baik untuk mencerahkan wajah. Kandungan ini memicu regenerasi sel kulit wajah dan mendorong produksi kolagen. Lapisan kulit akan berganti baru sehingga mendekat ke permukaan yang membuat wajah terlihat lebih bersih dan cerah. Penggunan retinol paling baik saat malam hari.

8. Azelaic Acid 

9 Bahan Pencerah Wajah Selain Niacinamide, Jadi Lebih Kece!contoh serum dengan kandungan azelaic acid (amazon.com)

Azelaic acid atau disebut asam azelaic berasal dari gandum yang bersifat anti-inflamasi. Kandungan tersebut bagus untuk memerangi kemerahan dan warna kulit tidak merata yang diakibatkan oleh rosacea, jerawat dan melasma. Di dalamnya, terdapat juga anti bakteri dan membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

9. Salicylic Acid  

9 Bahan Pencerah Wajah Selain Niacinamide, Jadi Lebih Kece!contoh serum dengan kandungan salicylic acid (sociolla.com)

Jika mendengar nama Salicylic Acid pasti sudah tidak asing untuk membuat glowing wajah. Salicylic Acid bekerja untuk mengangkat sel kulit mati dan mendorong pertumbuhan sel baru. Apabila sel kulit mati terangkat, maka kulit lebih halus dan berseri. Sebaiknya memakai Salicylic Acid jangan dibarengi dengan retinol karena kulit menjadi mudah kemerahan dan iritasi.

Untuk mendapatkan tampilan wajah cerah merona, bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan pencerah yang kece di atas. Tapi tetap ya lakukan pengamatan kondisi wajahmu, lalu pertimbangkan dan sesuaikan dengan fungsi bahan-bahan tersebut karena setiap orang berbeda-beda. Kamu tertarik ingin mencoba yang mana nih?

Baca Juga: Jumlah Wisatawan Mancanegara ke Sumut Capai 11.454 Kunjungan

Vinny Alfianitami Photo Community Writer Vinny Alfianitami

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya