Comscore Tracker

Yuk Ajari Anak Memanah! Ini 3 Manfaatnya

Panahan alihkan anak dari gadget dan hal negatif

Medan, IDN Times - Olahraga memanah saat ini tengah menjadi tren saat ini. Ternyata, bukan hanya atlet saja, sekarang semua orang pun bisa belajar memanah termasuk anak-anak.

Tapi tahukah anda manfaat memanah bagi anak-anak ?

Nah, sebelum menyimak manfaatnya anda tentu masih ingat aksi tokoh Legas di Film Lord Of The Ring atau tokoh Katniss di film Hunger Games juga tokoh Hawkeye di The Avengers dan film lainnya.

Tentu saja, tokoh diatas semuanya merupakan karakter atau tokoh pahlawan dengan busur panah sebagai senjata utama.

Nah, makanya tak heran jika banyak yang menyukai olahraga panahan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa dikarenakan keseruan dalam olahraga memanah tersebut. Berikut tiga manfaatnya.

1. Panahan alihkan anak dari gadget dan hal negatif

Yuk Ajari Anak Memanah! Ini 3 Manfaatnyaaffany.net

Tak hanya sekedar hobi ataupun lebih serius yang menjadikannya atlit. Ternyata, olahraga ini juga bisa menjadi salah satu kegiatan pilihan untuk anak-anak, mengingat saat ini lebih banyak anak-anak yang cenderung bermain gawai atau Smartphone di waktu luang.

Yose Andre Sinuhaji merupakan seorang pelatih klub panahan di kota Medan menjelaskan dengan adanya kegiatan ini maka anak-anak teralihkan hal yang negatif.

"Dengan kegiatan memanah ini mengalihkan mereka dari isu-isu dengan hal-hal yang negatif saat ini berkembang pesat di masyarakat. Karena dengan berlatih panahan waktu anak-anak itu habis dilapangan untuk berlatih," ujarnya.

2. Meningkatkan kepercayaan diri anak

Yuk Ajari Anak Memanah! Ini 3 ManfaatnyaIDN Times/Indah Permata Sari

Selain itu, memanah juga menjadi sarana belajar untuk anak. Ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari olahraga panahan diantaranya adalah terbiasa disiplin, meningkatkan fokus, melatih kesabaran, menajamkan kemampuan sosial, memperbaiki kesehatan fisik serta menumbuhkan percaya diri.

Safrial selaku orangtua mengatakan pandangannya tentang memanah memiliki pengaruh positif terhadap anaknya.

"Pandangan orangtua tentang kegiatan memanah pengaruh positif ya. Adanya pendampingan intensif pada anak untuk memotivasi diri mereka," ucapnya.

3. Latih anak berkonsentrasi

Yuk Ajari Anak Memanah! Ini 3 ManfaatnyaIDN Times/Indah Permata Sari

Olahraga memanah ternyata tidak hanya untuk diperlombakan sebagai cabang olahraga. Namun, olahraga yang membutuhkan konsentrasi ini cukup disenangi kalangan anak-anak hingga orangtua.

Konsentrasi anak juga dapat terbantu dengan alat panahan standard BOW. Panahan ini dilengkapi dengan alat bantu bidik serta stabilizer atau penyeimbang busur. Sehingga dapat menambah akurasi dan konsistensi pemanah.

Baca Juga: Latih Akurasi dan Kejelian Matamu Lewat 10 Game Mobile Panahan Ini

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Just For You