Comscore Tracker

7 Tip yang Bisa Membantu Kamu Menemukan Passion

Masih gak tau passionmu apa? Kamu harus baca ini!

Di era modern ini semua orang dengan mudahnya mendapatkan akses informasi, tetapi itu ternyata justru membuat kamu terlalu banyak mendapatkan informasi. Karena banyaknya informasi yang kamu dapatkan, seringkali membuat kamu kehilangan diri.

Melihat orang sukses menjadi youtuber, ingin ikut-ikutan menjadi youtuber. Melihat orang sukses menjadi penulis ingin ikut-ikutan menjadi penulis. Padahal boleh jadi passion kamu bukan di situ, bakat kamu juga bukan di situ. 

Hati-hati, alih-alih memerjuangkan passion sendiri justru passion orang lain yang terbayang-bayang oleh kita. Padahal bisa jadi hal itu bertolak belakang dengan diri kamu. Coba simak rtikel ini, agar bisa membantu kamu menentukan passion diri.

1. Sadari hal yang sangat kamu sukai sejak lama

7 Tip yang Bisa Membantu Kamu Menemukan PassionMelakukan hal yang menyenangkan (pixabay/foundry)

Coba yuk tanyakan pada diri sendiri, apa sih yang bikin kamu senang saat mengerjakan nya? Boleh jadi itu passion-mu loh. Itu bisa jadi memasak, berbisnis, bersosialisasi dengan orang, apapun itu coba jawab pertanyaan satu ini.

2. Jangan ikut-ikutan, jadilah autentik.

7 Tip yang Bisa Membantu Kamu Menemukan PassionPikiran (pixabay/pexels)

Hanya karena melihat orang hidup dengan mudah di jalan yang mereka tekuni membuat kamu jadi ikut-ikutan. Kamu harus otentik karena dari situlah passion-mu berasal. Jika kamu sedang ingin ikut-ikutan melakukan sesuatu. Coba tanya dulu baik-baik kepada diri sendiri. 

Apa ini yang saya inginkan? Apa ini yang hendak saya capai? Apa ini jalan yang akan mengantarkan pada tujuan saya? Jawab dari pernyataan ini bisa jadi passion dalam hidup mu lho.

Baca Juga: Mau Cepat Dapat Kerja? Pastikan Punya 5 Hal Ini Sebelum Lulus Kuliah

3. Mencoba hal baru

7 Tip yang Bisa Membantu Kamu Menemukan PassionApresiasi diri (pixabay/pasja1000)

Ikut-ikutan apa yang kerjakan orang itu sebenarnya bukan hal buruk. Kalau kamu merasa perlu untuk mencoba hal baru dalam upaya eksplorasi diri maka itu boleh saja dilakukan. Siapa tau hal baru itu justru yang merupakan passion kamu.

4. Pikirkan apa hal yang benar-benar kamu nikmati saat mencoba meraihnya

7 Tip yang Bisa Membantu Kamu Menemukan Passionenjoying photography (pixabay/pixels)

Nah, lagi-lagi kamu harus tanya ke diri sendiri. Apa sih yang bikin kamu seneng saat kamu bisa meraihnya? Karena passion atau bukan kamu di suatu bidang adalah ketika kamu mampu menikmati hal tersebut atau gak.

5. Cari tahu apa yang membuatmu bahagia saat mengerjakannya

7 Tip yang Bisa Membantu Kamu Menemukan PassionMenjahit (pixabay/mammiya)

Sama seperti point sebelumnya, passion itu harus mengantarkan mu pada kebahagiaan. Selama ini dalam hidup kamu pasti pernah merasa bahagia saat mengerjakan suatu hal bukan? yuk coba inget-inget lagi pekerjaan apa itu? Boleh jadi itulah passion-mu. Apakah kamu bahagia saat menulis? Atau kamu bahagia saat menjahit?

6. Merenungkan pekerjaanmu saat ini

7 Tip yang Bisa Membantu Kamu Menemukan PassionGadis merenung (pixabay/jerzygrecki)

Coba yuk jawab pertanyaan ini sama-sama. Apa pekerjaan mu saat ini? Apa kamu suka pekerjaanmu? Apa kamu menikmati keseharian saat bekerja? Apa kamu senang saat melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaanmu?

Apa kamu merasa bahagia saat terlibat di pekerjaanmu? Kalau jawabanmu iya untuk semua pernyataan di atas. Boleh jadi pekerjaanmu sekarang adalah passion-mu, hanya saja sama kamu belum menyadari nya.

7. Bertanya pada orang terdekat

7 Tip yang Bisa Membantu Kamu Menemukan PassionTeman yang baik (pixabay/stocksnap)

Kadang kamu gak menyadari betapa antusiasnya kamu dalam mengerjakan beberapa kegiatan atau betapa bersinarnya mata mu saat kamu berpartisipasi dalam suatu hal. Tetapi biasanya orang-orang terdekatmu akan menyadari hal tersebut. Jadi, opsi bertanya pada orang terdekat tentang di saat seperti apa kamu merasa sangat bersemangat dan bahagia itulah jawaban dari apa passion-mu.

Nah itu dia 7 tips yang bisa membantu kamu menemukan passion kamu. Semoga membantu.

Baca Juga: 5 Tips agar Bisa Langsung Kerja Setelah Lulus Kuliah, Perbanyak Magang

eriana Widya Photo Community Writer eriana Widya

The best of people among you are those who benefit others the most (H.R. Bukhari)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya