TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jokowi Sebut Sumut Bakal Jadi Lumbung Bawang hingga Kentang

Jokowi juga bagikan 20 ribu sertifikat tanah di Humbahas

Presiden Jokowi tiba di Bandara Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara, Selasa (27/10/2020). (Veri Ardian/Humas Sumut)

Humbang Hasundutan, IDN Times - Setelah turun di Bandara Silangit Tapanuli Utara, Presiden Joko Widodo dan rombongan langsung bergeser ke Humbang Hasundutan. Jokowi langsung meninjau lahan yang akan dijadikan lumbung pangan (food estate).

Food estate tidak hanya dikembangkan di Humbang Hasundutan saja. Tetapi di sejumlah titik antara lain, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah dan Pakpak Bharat.

Baca Juga: Jokowi ke Humbahas, Tinjau Food Estate dan Bagikan Sertifikat Tanah

1. Food estate bakal ditanami kentang, bawang putih dan bawang merah

bhf.org.uk

Kata Jokowi, lahan food estate itu akan ditanami berbagai komoditas. Mulai dari bawang putih, bawang merah, bawang putih dan kentang.

“Ini tersebar, tetapi ini tetap di Provinsi Sumatra Utara. Insha Allah nanti, ini sudah dimulai penanamannya, akan kita lihat hasilnya kira-kira nanti 2 bulan sampai 2,5 bulan,” ujar Jokowi dilansir Setkab.go.id.

2. Di Kalteng, lahan food estate akan ditanami padi dan singkong

istockphoto.com

Di Indonesia, food estate yang dikembangkan tidak hanya di Humbang Hasundutan. Food estate juga dikembangkan di Kalimantan Tengah.

“Sudah dua kali saya ke Kalimantan Tengah, di sana akan di bangun food estate khusus untuk padi dan untuk singkong,” kata mantan Wali Kota Solo itu..

Lumbung pangan yang tengah dikembangkan di dua provinsi ini, imbuhnya, akan dijadikan contoh bagi pengembangan di provinsi lain.

“Saya rasa, kita ingin melihat model bisnisnya seperti apa, proses bisnis yang akan dilakukan di sini seperti apa. Hitung-hitungannya sudah ada, ini akan menjadi contoh untuk provinsi-provinsi lain yang ingin membuat food estate,” bebernya.

Baca Juga: Tinjau Lumbung Pangan di Sumut, Jokowi Beri Target 2,5 Bulan

Berita Terkini Lainnya