TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Produk UMKM Sumut Dipamerkan di Festival Malaysia 

Ada kain songket, ulos dan kuliner khas

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah memamerkan produk unggulan dari Indonesia, termasuk provinsi Sumatra Utara (Sumut) di Festival Islam dan Halal Internasional Johor (FIJO) 2022 di Johor Baru, Malaysia, Kamis (29/9).

Medan, IDN Times- Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah memamerkan produk unggulan dari Indonesia, termasuk provinsi Sumatra Utara (Sumut) di Festival Islam dan Halal Internasional Johor (FIJO) 2022 di Johor Baru, Malaysia, Kamis (29/9/2022).

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Sumatra Utara, Nawal Lubis menghadiri FIJO 2022. Sumut salah satu kabupaten/kota di Indonesia yang berpartisipasi dalam kegiatan antarbangsa tersebut.

Baca Juga: UMKM di Sumut Jumlahnya 2,8 Juta, Tapi Ini Kendalanya

1. Produk unggulan dari Sumut dipamerkan di event FIJO 2022

Ilustrasi jalanan protokol di Kuala Lumpur, Malaysia (IDN Times/Santi Dewi)

Nawal Lubis mengaku bangga karena banyak produk unggulan dari Sumut dipamerkan di event FIJO 2022 Johor yang di antaranya adalah kain songket, ulos, serta pakaian dan aksesoris dari berbagai daerah. Seperti Melayu, Toba, Silmalungun, Karo, Mandailing, Pakpak dan Nias, yang mencerminkan keberagaman provinsi Sumut.

“Kita juga menampilkan produk kuliner dan herbal dari Sumatra Utara. Kita berharap kerajinan dan produk dari provinsi kita bisa dikenal lebih baik dengan kualitas yang baik. Terutama Malaysia ini kan dekat dengan Sumut, dan banyak wisatawan mancanegara yang datang dari negara ini,” kata Nawal.

2. Aneka kuliner sambal khas ikut ditampilkan

ilustrasi sambal andaliman (cookmeindonesian.com)

Beberapa produk khas yang menjadi unggulan Sumut di ajang FIJO 2022 tersebut yakni busana kontemporer, etnik dan kemeja batik. Songket Batubara, Tumtuman Toba, Songket Melayu dan Ulos Toba. Serta kuliner seperti aneka sambal khas Medan, andaliman, ikan asin, baby cumi, teri, serta produk herbal yakni gula aren dan keloria.

Baca Juga: Seedbacklink Siap Bantu 65,4 Juta UMKM Go Digital! 

Berita Terkini Lainnya