Comscore Tracker

Sensasi Mengapung di Pantai Tureloto Nias Utara: Info Rute dan Tiket

Pantai Tureloto dijuluki Laut Matinya Nias

Setiap pantai mempunyai keunikan dan keistimewaan masing-masing. Salah satu yang unik di Sumatra Utara adalah Pantai Tureloto. Pantai ini dijuluki Laut Matinya Indonesia.

Pantai Tureloto ini juga dikenal dengan kadar garamnya yang tinggi. Yang mampu membuat manusia bisa mengapung di atas air tanpa perlu berenang. Di kawasan ini wisatawan bisa menikmati pemandangan alam yang memuaskan hati. Dan gugusan karang indah yang memukau. Berikut ini merupakan keistimewaan dan informasi soal Tureloto.

1. Keistimewaan Pantai Tureloto

Sensasi Mengapung di Pantai Tureloto Nias Utara: Info Rute dan Tiketpotret Pantai Tureloto (instragram.com/ulfamaruapey82)

Semua pantai pasti memiliki karang didalamnya. Akan tetapi tidak semua pantai memiliki karang yang eksotis. Di Pantai Tureloto ada cukup banyak karang yang indah dan terawat. Terjadinya bentukan karang di sini diakibatkan karena tragedi gempa dan tsunami yang terjadi di pesisir Sumatra pada tahun 2005. Pantai ini disebut sebagai pantai laut mati.

Pantai Tureloto juga dikenal sebagai pantai yang berkadar garam tinggi. Pantai Tureloto juga sangat unik, karena di sini terkenal dengan air lautnya yang tenang. Wisatawan yang berenang di sini dapat terapung dengan mudah karena efek kadar garam tersebut. 

Selain itu uniknya meski berada tepat di Samudera Hindia, pantai ini punya ombak yang tenang. Itu karena adanya gugusan karang yang berjejer membentuk benteng. 

Kamu juga bisa menikmati pemandangan bawah lautnya yang indah. Ada beragam biota laut di dalamnya. Wisatawan bisa menyewa alat snorkeling atau diving untuk menikmatinya.

Pantai Tureloto sendiri juga dikenal dengan sunsetnya yang menawan, karena letak pantai berada di pesisir barat Sumatera.Ketika waktu menjelang sore, sempatkan sebisa mungkin untuk berjemur di atas pasir putih. Karena saat inilah sunset yang indah dapat kamu lihat.

Baca Juga: Sejarah Tari Perang Fataele dari Nias dan Maknanya

2. Informasi lokasi dan rutenya

Sensasi Mengapung di Pantai Tureloto Nias Utara: Info Rute dan TiketPantai Tureloto, Pulau Nias (instagram.com/hari.srg)

Pantai Tureloto terlatak di Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Untuk mencapainya dari Kota Medan, kamu harus memesan tiket pesawat ke Gunungsitoli.

Kemudian dari Gunung Sitoli kamu harus menempuh perjalanan 80 kilometer menuju Nias Utara. Atau sekitar 2 jam perjalanan. Dari Kecamata Lotu yang merupakan pusat kabupaten Nias Utara, kamu harus menempuh 27 kilometer menuju Kecamatan Lahewa. Kemudian 4 kilometer menuju Desa Balefadorotuho, lokasi Pantai Tureloto.

Untuk menuju Pantai Tureloto dengan menggunakan hampir semua jenis kendaraan darat. Seperti motor, mobil maupun bus.

3. Harga tiket dan fasilitas

Sensasi Mengapung di Pantai Tureloto Nias Utara: Info Rute dan TiketPantai Tureloto, Pulau Nias (instagram.com/hari.srg)

Untuk tiket masuknya sendiri cukup terjangkau. Yakni saat hari libur harga tiket masuk berkisar Rp10 ribu. Untuk tiket masuknya sendiri bisa dipesan di gerbang pintu masuk utama.

Selain itu siapkan duit lebih untuk menikmati kuliner khas Nias di Pantai Tureloto ini. Untuk harga yang ditawarkan pun relatif murah. Anda dapat menikmati menu kuliner di pantai ini dengan membawa uang Rp10 ribu sampai Rp30 ribu.

Baca Juga: Asyiknya Surfing di Pantai Lagundri Nias Selatan: Rute dan Harga

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya