Comscore Tracker

Gak Kalah Canggih! 5 Teknologi Bikinan Korea Utara 

Korut ciptakan smartphone hingga layanan internet sendiri

Bukan rahasia lagi jika Korea Utara adalah negara yang sulit diakses. Mereka punya peraturan ketat yang membuat turis ataupun warga negaranya tak sembarangan keluar masuk.

Selain itu juga banyak larangan di negara yang dipimpin Kim Jong Un ini. Termasuk banyak teknologi luar yang tak bisa diakses. Untuk itu Korut mengembangkan teknologinya sendiri.

Apa saja sih teknologi canggih bikinan Korut?

 

1. Kwangmryong intranet

Gak Kalah Canggih! 5 Teknologi Bikinan Korea Utara internet Korut (fastcompany.net)

Warga Korut tak bisa mengakses internet secara global. Jangan harap bisa mengakses google seperti di Indonesia. Jelas saja, karena itu teknologi dari Amerika yang notabene bersitegang dengan Korut.

Nah, untuk menggunakan internet Korut memperkenalkan teknokogi Kwangmryong intranet. Namun hanya bersifat lokal karena kamu hanya bisa mengakses seputar Korut saja. Meliputi layanan universitas, perpustakaan hingga organisasi pemerintahan.

Ada ribuan website yang bisa diakses tapi di bawah kontrol pemerintah langsung.

2. OS Red Star

Gak Kalah Canggih! 5 Teknologi Bikinan Korea Utara OS Red Star (securityaffairs.co)

Untuk sistem operasi, kamu mungkin terbiasa menggunakan windows, mac atau linux. Tapi tak demikian dengan warga Korut. Sistem operasi komputer resmi mereka diberi nama OS Red Star.

Sekilas tampilannya mirip Mac OS X. Namun diketahui merupakan modifikasi dari linux. Nah browsernya adalah Naenara untuk mengakses website.

Baca Juga: 10 Hal yang Dilarang dan Tidak Ada di Korea Utara, Kok Bisa?

3.Tablet Samjiyon

Gak Kalah Canggih! 5 Teknologi Bikinan Korea Utara Samjiyon tablet produksi Korut (youngpioneertours.com)

Jika di komputer saja Warga Korut tak bisa mengakses internet bebas, tak terkecuali dengan handphone. Tapi mereka punya teknologi bikinan sendiri. Diluncurkan 2012, tablet ini diberi nama Samjiyon. Dilengkapi dengan fitur nonton TV resmi pemerintah Korut.

4. Arirang smartphone

Gak Kalah Canggih! 5 Teknologi Bikinan Korea Utara Arirang Smartphone (youngpioneertours.com)

Selain tablet, orang Korut juga mengembangkan produk smartphone mereka sendiri. Diberi nama Arirang. Diluncurkan setahun setelah Samjiyon, produk ini diduga mendapat dukungan Tiongkok karena mirip dengan produk mereka bernama Uniscope. Tapi tentu saja kamu tidak bisa bebas berselancar internet ria karena provider di sana terbatas juga.

 

5. Mabang Streaming Service

Gak Kalah Canggih! 5 Teknologi Bikinan Korea Utara Pexels/JESHOOTS.com

Warga Korut juga punya layanan streaming sendiri seperti Netflix untuk nonto film. Layanan ini diberi nama Manbang Streaming. Ya, tentu saja masih di bawah kontrol pemerintah Korut.

Terdapat beberapa program pelajaran Inggris dan Rusia di sini. Tapi warga Korut bisa nonton film-film lokal di sini

Baca Juga: 10 Tempat Terlarang di Dunia, Ada yang Konon Dikutuk Penyihir

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya