Usai Bantai 3-1 PSIM, Persiraja Jadikan PSMS Target Berikutnya

Pelatih PSIM mengeluh dengan kondisi lapangan Stadion Langsa

Banda Aceh, IDN Times - Persiraja semakin memperketat persaingan menuju semifinal Liga 2 Indonesia di Grup X usai menaklukan PSIM Yogyakarta dengan skor, 3-1, Senin (22/1/2024). Laga digelar di Stadion Langsa, Kota Langsa, Aceh.

“Syukur Alhamdulillah kita dapat hasil maksimal. Terima kasih buat kerja keras pemain dan semuanya,” kata Pelatih Persiraja Banda Aceh, Achmad Zulkifli, Senin (22/1/2024).

Klasmen sementara Grup X masih dipuncaki Semen Padang FC dengan mengoleksi enam poin. Posisi kedua disusul Persiraja dengan poin yang sama. PSIM berada di peringkat ketiga dengan lima poin dan PSMS Medan di juru kunci, dua poin.

1. Babak pertama 80 persen gameplan berjalan, babak kedua melemah

Usai Bantai 3-1 PSIM, Persiraja Jadikan PSMS Target BerikutnyaPemain Persiraja Banda Aceh. (Dokumentasi Media Official Persiraja Banda Aceh untuk IDN Times)

Persiraja sempat unggul 2-0 di babak pertama melalui gol Islom Karimov di menit 21 dan Ramadhan pada menit 34. Laskar Rencong tampak menguasai permainan paruh babak tersebut.

Memasuki babak kedua, Laskar Mataram sempat mengecilkan ketertinggalan melalui gol Sukarja di menit 62. Bahkan anak asuh Kas Hartadi di awal babak kedua tampak beberapa kali menggempur gawang Persiraja. Permainan Laskar Rencong mulai menurun.

Meski demikian, bukan berarti Achmad Zulkifli membiarkan gawang M Fahri dalam tekanan. Pelatih Persiraja melakukan rotasi pemain. Gaya permainan sedikit berubah hingga akhirnya Andik Vermansah mengunci kemenangan Laskar Rencong menjadi 3-1 di menit 84.

“Memang setelah lawan bisa mengembangkan permainan, saya ganti pemain agar bisa ada penyegaran akhirnya kita bisa menekan mereka kembali,” ujar Achmad Zulkifli.

Baca Juga: PSMS Ditahan Semen Padang, Legimin: Kami Tetap Yakin Lolos

2. Selanjutnya PSMS jadi target berikutnya di Langsa

Usai Bantai 3-1 PSIM, Persiraja Jadikan PSMS Target BerikutnyaPelatih Persiraja Banda Aceh, Achmad Zulkifli (tengah). (Dokumentasi Media Official Persiraja Banda Aceh untuk IDN Times)

Kemenangan atas PSIM membuat mantan Direktur Teknik Persikabo itu yakin bila Persiraja memiliki potensi untuk melaju ke babak semifinal. Peluang itu semakin terbukti ketika Laskar Rencong mampu menaklukan PSMS Medan pada 27 Januari 2024.

“Tinggal pertandingan besok melawan PSMS, kita bisa all out lagi sehingga peluang kita ke semifinal terbuka bebas,” ucap Achmad Zulkifli.

3. Salah strategi dan lapangan buyarkan permainan PSIM

Usai Bantai 3-1 PSIM, Persiraja Jadikan PSMS Target BerikutnyaPSIM seri lawan Persiraja di babak 12 besar di Stadion Mandala krida, Rabu (17/1/2023) (Instagram/psimjogja)

Sementara itu, Pelatih PSIM Yogyakarta, Kas Hartadi mengatakan, sempat meminta anak asuhnya untuk bermain sabar dan memanfaatkan peluang menyerang saat babak pertama. Namun sayangnya, Persiraja lebih dulu gol melalui bola mati atau tendangan bebas.

“Babak kedua kita merubah pola, kita harus banyak long pass di pertahanan lawan,” kata Kas Hartadi.

Tidak hanya mengakui salah menerapkan strategi, mantan Direktur Teknik Dewa United tersebut juga menyebutkan bahwa penyebab tidak maksimalnya gaya permainan anak asuhnya dipengaruhi kondisi lapangan.

Ketika bermain di Stadion Mandala Krida, Laskar Mataram terlihat lebih menguasai permainan. Akan tetapi ketika di Stadion Langsa, mereka tidak berani menerapkan permainan bola-bola pendek.

“Kita tidak mungkin main di lapangan banyak gelombang. Karena lapangan tidak halus, sehingga saya tidak berani untuk bermain passing di belakang atau built up tidak berani karena takut salah sendiri,” ujarnya.

4. Peluang ke semifinal masih ada, evaluasi permainan saat menjamu Semen Padang

Usai Bantai 3-1 PSIM, Persiraja Jadikan PSMS Target BerikutnyaPelatih PSIM Yogyakarta, Kas Hartadi (tengah) dan pemain, saat konferensi pers. (Dokumentasi Media Official Persiraja Banda Aceh untuk IDN Times)

Kas Hartadi optimistis jika PSIM masih memiliki peluang melaju ke semifinal Liga 2 Indonesia. Menghadapi Semen Padang dan PSMS, dikatakannya, Lakar Mataram akan bermain habis-habiskan untuk bisa menduduki peringkat pertama.

“Jadi saya tekankan dua laga kita masih bisa peringkat pertama ataupun runner up terbaik,” tegasnya.

Sehubungan dengan itu, PSIM bakal melakukan evaluasi besar-besaran saat menjamu Semen Padang di Stadion Mandala Krida. Mereka tidak ingin kehilangan maupun membiarkan tim tamu mencuri poin di kandang Laskar Mataram.

Baca Juga: Diwarnai 3 Kartu Merah, Duel PSMS Vs Semen Padang Imbang 1-1

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya