PSSI akan Investigasi Wasit dan Pemain Laga Aceh Vs Sulteng

Sanksi menanti pemain dan wasit

Banda Aceh, IDN Times - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) bakal melakukan investigasi dan memberikan sanksi terhadap pihak yang terlibat dalam kontroversi pertandingan antara Aceh melawan Sulawesi Tengah (Sulteng).

Pernyataan itu disampaikan Wakil Ketua I Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Suwarno, dalam konferensi pers di Media Center, Minggu (15/9/2024).

Seperti diketahui, di laga perempat final Cabang Olahraga (Cabor) Sepak Bola Putra antara Aceh melawan Sulteng, sempat kontroversi. 

Pertandingan bagian dari Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumutera Utara (Sumut) tersebut diwarnai tiga kartu merah dan dua penalti yang diberikan wasit untuk Tanah Rencong.

Baca Juga: Kontroversi PON, PSSI Perintahkan Wasit Liga 1 Pimpin Final

1. Melakukan investigasi mendalam terhadap wasit dan pemain

PSSI akan Investigasi Wasit dan Pemain Laga Aceh Vs Sultengokebola

Suwarno mengatakan awalnya laga yang mempertemukan Aceh dengan Sulteng berjalan baik. Namun belakangan, beberapa keputusan wasit dianggap kontroversi dan janggal.

Puncaknya, terjadi pemukulan terhadap wasit, Eko Agus Sugih Harto, yang dilakukan pemain Sulteng. Pemukulan itu, kata Suwarno, mengakibatkan wasit terpaksa dirawat di rumah sakit hingga saat ini.

Dia menyampaikan tindakan dan kontroversi yang terjadi tidak sesuai dengan norma di PSSI. Oleh karena itu, akan dilakukan investigasi terhadap wasit dan pemain.

“Akan dilakukan investigasi secara mendalam kepada atlet dan wasit yang dianggap melakukan keputusan kontroversi,” kata Suwarno.

2. Pemain terancam hukuman larangan bertanding selama enam bulan

PSSI akan Investigasi Wasit dan Pemain Laga Aceh Vs SultengCNN Indonesia

KONI Pusat telah berkoordinasi dengan technical delegate dari PSSI terkait kejadian di laga yang digelar pada Sabtu (14/9/2024) malam tersebut.

Suwarno mengatakan atlet yang melakukan pemukulan terhadap wasit akan terkena sanksi. Hukuman paling ringan yakni enam bulan larangan bermain.

Meski demikian, kata dia, diperkirakan hukuman bisa menjadi lebih berat karena PSSI  akan menerapkan sanksi maksimal.

“Sedangkan dari PSSI mengatakan akan diberikan sanksi yang maksimal. Ini nanti akan kita ikuti prosesnya,” ujar Wakil Ketua KONI Pusat.

Sementara itulah, wasit yang memimpin pertandingan antara Aceh melawan Sulteng akan turut diperiksa terkait keputusan yang dianggap kontroversi.

Bila terbukti, maka akan dikenakan sanksi sesuai aturan yang berlaku di federasi sepak bola Tanah Air.

“Wasit juga akan mendapatkan -sanksi- apabila memang terbukti keputusan-keputusan yang disampaikan selama memimpin pertandingan, itu benar-benar kontroversi,” imbuhnya.

3. Semua pihak mengecam tindakan yang tidak fair play

PSSI akan Investigasi Wasit dan Pemain Laga Aceh Vs SultengWasit Eko Agus Sugiharto mengeluarkan kartu merah untuk pemain Sulteng pada laga kontra Aceh pada babak 8 Besar PON 2024 di Stadion H Dimurthala Banda Aceh, Sabtu (14/9/2024) malam (ANTARA FOTO/Adeng Bustami)

Suwarno mengatakan usai kejadian malam itu, KONI Pusat dan Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) Pengurus Besar (PB) PON serta PSSI telah melakukan komunikasi technical delegate.

Semua pihak sependapat mengecam kejadian yang terjadi dalam laga antara Aceh melawan Sulteng. Ia berharap kasus tersebut tidak lagi terulang saat PON maupun pada pertandingan lain.

“Apa yang terjadi di PON ini, PSSI dan KONI sangat mengecam ini dan ini merupakan upaya untuk meminimalisasi peristiwa-peristiwa serupa ke depan,” kata Suwarno.

“Jangan sampai terjadi wasit dipukuli oleh pelatih atau tim atau atlet dan sebagainya,” imbuhnya.

Hal serupa juga diharapkan Ketua Bidang Pertandingan PB PON Ke-21 Wilayah Aceh, T Banta Nuzullah. Ia mengaku pihaknya tidak ada berpihak kepada kontingen manapun walau Aceh sebagai tuan rumah.

“Tapi intinya bagi Bidang Pertandingan Wilayah Aceh, kita cukup menghargai prinsip fair play di setiap cabang olahraga dan kita mengecam setiap kegaduhan untuk permasalahan yang terjadi,” kata Banta.

Baca Juga: 3 Kartu Merah dan 2 Penalti di Laga PON Aceh Vs Sulteng, Wasit Dipukul

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya