Comscore Tracker

Tumbangkan YOB Lewat Adu Penalti, PSDS Kampiun Liga 3 Sumut

PSDS akan rekrut pemain di tingkat nasional

Medan, IDN Times- PSDS Deli Serdang memastikan sebagai juara Liga 3 Sumatra Utara. Traktor Kuning membungkam YOB FC lewat drama adu penalti 5-3 (1-1) di Stadion Teladan Medan, Minggu (19/12/2021).

Eksekusi penalti Dinan Syahbani memastikan gelar juara PSDS. Hasil ini mengulang keberhasilan tahun 2018 saat PSDS juga berhasil menjadi juara.

1. Tanpa pemain kunci, PSDS tunjukkan kedalaman skuatnya

Tumbangkan YOB Lewat Adu Penalti, PSDS Kampiun Liga 3 SumutPSDS juarai Liga 3 Sumatra Utara di Stadion Teladan, Minggu (19/12/2021) (IDN Times/Doni Hermawan)

Pada laga itu PSDS kehilangan pemain kuncinya. Kapten Dikky Yudistia harus absen karena akumulasi kartu. Sementara Bima Lesmana sakit. Tapi PSDS tetap tampil agresif.

Namun PSDS mendapat perlawanan sengit dari YOB. Menit ke-35 gawang PSDS bahkan lebih dulu bobol lewat aksi Maulana Khalidi. Ia berhasil memanfaatkan kelengahan bek PSDS. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua PSDS mencoba mengejar ketertinggalan mengandalkan Irsan dan Putra Wulan Dara di depan. Hasilnya menit ke-47, Putra berhasil menyamakan skor menjadi 1-1. 

Pertarungan semakin sengit dan dalam tensi tinggi. Laga sempat terhenti karena protes pelatih YOB FC. Skor 1-1 membuat laga harus dilanjutkan dengan extra time.

Selama 2x15 tak ada tambahan gol yang tercipta hingga harus dilanjutkan dengan drama adu penalti. Empat eksekutor PSDS sukses menjalankan tugasnya. Sementara ekselusi Kapten YOB, M Iqbal ditepis kiper PSDS, M Irfan. Eksekutor kelima PSDS Dinan Syahbani akhirnya memastikan kemenangan PSDS.

Baca Juga: Final Liga 3 Sumut, PSDS vs YOB FC: Duel Mencari Mahkota

2. PSDS akan mulai mempersiapkan diri ke tingkat nasional dengan gelar seleksi

Tumbangkan YOB Lewat Adu Penalti, PSDS Kampiun Liga 3 SumutKetum PSDS, Khairul Rizal (IDN Times/Doni Hermawan)

Pelatih PSDS, Syahrial Effendi mengaku puas dengan kemenangan skuatnya. Apalagi PSDS kehilangan beberapa pemain inti.

"Uji coba dengan merwma kami kalah. Saya menginstruksikan nikmati saja permainan. Pemain akumulasi hingga sakit. Dinan juga kurang sehat sehingga saya turunkan di babak kedua. Syukurnya di tim ini tidak ada perbedaan. Yang muda pun kita kasih kesempatan dan berhasil," kata Syahrial.

Selanjutnya PSDS akan beristirahat beberapa hari sebelum mempersiapkan ke zona nasional. 

"Kami mungkin ada penambahan materi pemain. Tidak punya wing back murni  kita menyeleksi nanti Selasa (21/12/2021).  Ada beberapa pemain Sumut yang kita tambah. Seleksi ini juga terbuka," kata Syahrial.

Sementara Ketua Umum PSDS, Khairum Rizal menyambut positif keberhasilan Traktor Kuning menjuarai Liga 3 Sumut. Menurutnya ini berkat dukungan semua pihak, termasuk Bupati Deli Serdang.

"Alhamdulillah kami berhasil jadi juara. Ini berkat doa dan dukungan seluruh masyarakat Deli Serdang termasuk pembina Bapak Bupati dan pengusaha yang membantu dalam pendanaan PSDS. Kita tidak boleh euforia, selanjutnya kita harapkan bisa berjaya di tingkat nasional agar kita kembali ke Liga 2," kata Khairum.

3. Asprov Sumut yakin kuota Sumut di nasional lebih dari dua tim

Tumbangkan YOB Lewat Adu Penalti, PSDS Kampiun Liga 3 SumutPSDS meraih gelar juara Liga 3 Sumut (IDN Times/Doni Hermawan)

Liga 3 Sumut sebelumnya digelar sejak 11 November 2021 lalu dan finish pada 19 Desember 2021. Sekjen Asprov PSSI Sumut, Fityan Hamdi mengatakan, untuk kuota Sumut akan ditentukan dalam beberapa hari ke depan. Timnya akan melaporkan beberapa hal.

"Dalam dua hari ke depan kami akan siapkan laporannya. Dari situ kita tahu berapa kuotanya. Kalau 2019 kita dapat kuota 2 karena hanya pendaftaran saja online. Tahun ini semua online termasuk laporan wasit dan pengawas pertandingan. Peserta lebih banyak 34 dan pertandingan pasti lebih banyak serta lamanya kompetisi lebih dari sebulan. Insya Allah bisa lebih dari dua tahun ini," kata Fityan.

Soal berjalannya kompetisi, Fityan memaklumi jika ada ketidakpuasan dari para kontestan di beberapa laga. "Itu bisa kita maklumi, karena itulah euforia sepak bola. Tapi memang masih banyak kekurangan dan pada dasarnya kita terus berusaha memperbaiki dan terus belajar agar ke depan pelaksanaannya semakin baik," pungkasnya.

Baca Juga: Gilas Karo United, PSDS Lolos ke Final Liga 3 Sumut

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya