Seleksi Timnas di Sumut, Tim Pemantau Temukan Pemain Potensi

1.184 peserta ikuti seleksi U-16, U-20 putra dan U-17 putri

Medan, IDN Times- Seleksi tim nasional (timnas) U-16 dan U-20 putra serta U-17 putri digelar di Stadion TD Pardede, Jumat (8/3/2024). Seleksi digelar selama dua hari hingga Sabtu (9/3/2024) hari ini.

Tim seleksi mengaku menemukan beberapa kandidat dari seleksi yang digelar pagi hingga sore kemarin. Ada total 1.184 peserta yang mengikuti seleksi.  

Salah seorang talent scouting Sahari Gultom yang merupakan pelatih kiper timnas U-20 mengatakan, dari kriteria yang ditetapkan ada para pemain yang memenuhinya.

"Ada beberapa pemain yang kita lihat mampu. Tapi memang kriterianya harus yang bisa memahami empat elemen yang harus mereka lakukan. Bagaimana pemahaman teknik skil, taktikan, fisikal dan terutama mental bertanding," kata Sahari Gultom.

 

 

1. Kompetisi untuk usia dini harus digalakkan di Sumut

Seleksi Timnas di Sumut, Tim Pemantau Temukan Pemain PotensiSeleksi timnas kelompok usia di Stadion TD Pardede Medan (Dok.Istimewa)

Ucok, sapaan akrabnya mengatakan, pemain yang baik lahir dari kompetisi. Untuk itu ia berharap Asosiasi Provinsi Sumut agar kedepannya dapat menjalankan kompetisi yang bisa memberikan dampak positif terhadap perkembangan sepakbola.

"Mudah-mudahan dengan Plt Asprov PSSI Sekarang (Arya Sinulingga) mampu membuat kompetisi. Karena itu memang salah satu supaya mereka cepat berkembang di sepakbola Sumut," ucapnya.

Menurutnya para pemain Sumut harus  berani tampil di luar jika memang di daerahnya minim. Hal itu untuk menambah jam terbang.

"Tanpa kompetisi dan tanpa bermain, itu akan nihil semuanya. Walaupun mereka harus keluar dari Sumut untuk bermain, apa salahnya. Yang penting jam terbang mereka yang harus kita cukupin," katanya.

2. Pesepak bola putri optimis lolos

Seleksi Timnas di Sumut, Tim Pemantau Temukan Pemain PotensiSeleksi timnas kelompok usia di Stadion TD Pardede Medan (Dok.Istimewa)

Tak kalah antusias dengan putra, para pemain putri juga meramaikan seleksi untuk timnas U-17. Mereka berharap bisa lolos karena memerkuat timnas putri adalah impian. 

Salah satunya Joyce dari SSB She Moves. "Saya ingin jadi pemain timnas. Dan sekarang pun juga gak kepikiran masuk kesini. Karena saya direkomendasikan oleh pelatih mengikuti seleksi ini," ungkap Joyce yang berlatih sepak bola sejak SD.

Joyce pun sudah memersiapkan kondisi fisik dan kemampuannya untuk bisa bersaing. Apalagi dia didukung orangtua. 

"Mama yang nyodorin masuk seleksi timnas ini," kata Joyce. 

3. Panpel tak menyangka peserta mencapai 1.000-an

Seleksi Timnas di Sumut, Tim Pemantau Temukan Pemain PotensiSeleksi timnas kelompok usia di Stadion TD Pardede Medan (dok.istimewa)

Sementara itu panpel seleksi timnas Yosephine Sembiring kaget dengan antusiasme peserta seleksi. Diketahui para peserta tak hanya dari Sumut, tapi juga Aceh, Sumatra Barat dan Riau.

“Antusiasme peserta yang mengikuti seleksi timnas ini cukup besar. Untuk U-17 Putra sekitar 714 peserta yang terdaftar didata, U-20 sekitar 390 peserta, serta U-17 Putri 80 orang,” kata Yosephine Sembiring

Yosephine Sembiring megungkapkan, jumlah peserta seleksi timnas ini diluar prediksi pihaknya. Apalagi persiapan seleksi timnas di Sumut tersebut hanya berlangsung selama dua hari terakhir.

Baca Juga: Soal Pemanggilan Pemain ke Timnas U-23, PSSI Tunggu STY

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya