Comscore Tracker

Selain Sriwijaya, Tim-tim Ini Diwaspadai PSMS di Wilayah Barat

Target tembus 4 besar

Medan, IDN Times - Kick off Liga 2 musim 2019 dijadwalkan bergulir 15 Juni mendatang. Sejumlah klub masih terus dalam persiapan dalam membentuk kerangka tim, termasuk PSMS Medan.

Berdasarkan hasil drawing, PSMS masuk di Grup Barat bersama Sriwijaya FC yang harus turun kasta musim ini. Selain itu, ada juga tiga tim promosi dari Liga 3 yang tergabung di grup ini, yakni Bogor FC, PSCS, dan PSGC.

Hanya empat tim teratas yang bakal lolos ke babak 8 besar. Sementara tiga tim terbawah akan dipastikan terdegradasi ke Liga 3 musim selanjutnya.

Baca Juga: Kalahkan Victory Dairi, Pelatih PSMS Beberkan Beberapa Kelemahan Tim

1. Persaingan Ketat, PSMS tetap incar Empat Besar

Selain Sriwijaya, Tim-tim Ini Diwaspadai PSMS di Wilayah BaratIDN Times/Hasudungan N

Pelatih PSMS Abdul Rahman Gurning mengakui hasil pembagian grup akan berat bagi setiap kontestan. Namun dia tetap optimis bisa melewati hadangan fase grup dengan baik.

"Kalau dibilang ini grup neraka, semua grup juga pasti berat. Target awal jelas masuk empat besar. Seharusnya bisa. Ini tergantung kondisi pemain. Ya, pemain harus mampu dan wajib main ngotot," kata Gurning.

2. Percaya pada putra daerah

Selain Sriwijaya, Tim-tim Ini Diwaspadai PSMS di Wilayah BaratIDN Times/Hasudungan N

Gurning sepertinya menaruh fanatisme yang kuat dalam skuatnya. Terbukti skuatnya musim ini mayoritas diperkuat putra daerah seperti yang diinginkan manajemen klub.

Mualai dari pemain senior Legimin Rahardjo, Aldino Herdianto (eks Mitra Kukar), dan Tambun Naibaho (eks PSS Sleman). Begitu juga Syaiful Ramadhan (eks Persis Solo) hingga Guntur Pranata (eks Semen Padang) akan menjadi kekuatan tim, ditambah sejumlah pemain muda lainnya hasil seleksi.

"Saya masih butuh beberapa pemain lagi, seperti kiper, bek kanan, gelandang bertipikal playmaker juga. Kalau lokal mungkin hanya melengkapi karena memang rata-rata putra daerah. Kalau manajemen setuju, tinggal cari pemain naturalisasi," lanjutnya.

3. Waspadai Kekuatan Sriwijaya, Persita hingga PSCS

Selain Sriwijaya, Tim-tim Ini Diwaspadai PSMS di Wilayah BaratIDN Times/Hasudungan N

Dari 12 tim yang ada di Grup Barat, Gurning menilai beberapa tim berpotensi menyulitkan bahkan jadi pesaing mereka. Sebut saja, Sriwijaya FC, Persita yang diasuh Widodo C Putro hingga kekuatan tim promosi, PSCS.

"Semua saingan. Babel United (hasil merger Aceh United dan Timah Babel) juga bagus. Persita pun bakal kuat ini. Jadi harus kami siapkan betul tim ini bila ingin bersaing," terangnya.

"Sriwijaya FC jelas paling menonjol di grup barat ini. Materi mereka bagus, apalagi mereka punya penyerang Hilton Moreira," kata Gurning.

4. Pembagian Grup Liga 2 2019

Selain Sriwijaya, Tim-tim Ini Diwaspadai PSMS di Wilayah BaratIDN Times/Hasudungan N

Liga 2 2019 dibagi dalam dua grup. Grup Barat dihuni 12 tim, sementara grup Timur dihuni 11 tim. Berikut pembagiannya:

Grup Barat
1. Babel United
2. Bogor FC
3. Cilegon United
4. Perserang
5. Persiraja
6. Persis
7. Persita
8. PSCS
9. PSGC
10. PSMS
11. PSPS Riau
12. Sriwijaya

Grup Timur
1. Blitar United
2. Madura
3. Martapura
4. Mitra Kukar
5. Persatu
6. Persewar
7. Persiba
8. Persibat
9. Persik
10. PSBS
11. PSIM

Baca Juga: Liga 2 Dibagi 2 Wilayah, Ini Lawan-lawan PSMS di Wilayah Barat

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You