Rafi Habibi, Satu-satunya Anak Sumut yang Dipanggil TC Timnas U-16

Rafi jebolan Harjuna Putra dan Harmusia Academy

Medan, IDN Times- Satu-satunya pemain Sumatra Utara dipanggil mengikuti seleksi tim nasional U-16 di Yogyakarta. Tim ini dipersiapkan menghadapi Piala AFF U-16 yang digelar 16-29 Juni 2024 mendatang di Indonesia. Adalah Rafi Habibi yang dimaksud.

Rafi adalah pemain dari klub Liga 3 Harjuna Putra dan jebolan Harmusia Academy (akademi milik Harjuna). Klub ini sebelumnya pernah diperkuat Ramadhan Sananta, striker timnas U-23.

1. TC bersifat promosi dan degradasi

Rafi Habibi, Satu-satunya Anak Sumut yang Dipanggil TC Timnas U-16Rafi dipanggil mengikuti seleksi timnas U-16 (dok.istimewa)

Rafi sebelumnya lolos setelah mengikuti seleksi timnas U-16 di Stadion TD Pardede, Deli Serdang, Jumat (8/3/2024) lalu. Saat itu Rafi bersaing dengan 714 peserta lainnya.

Founder Harjuna Putra & Harmusia academy, Jumadi menyampaikan puji dan syukur satu pemainnya kembali di panggil mengikuti TC Timnas Indonesia U-16.

"Kita bersyukur ya, ada anak didik kita yang terpantau untuk mengikuti TC. Tapi juga TC ini bukan berarti sudah langsung masuk, karena sifatnya ada promosi dan degradasi," ungkap Jumadi, Rabu (1/5/2024).

2. Rafi diharap bisa menembus skuat AFF U-16

Rafi Habibi, Satu-satunya Anak Sumut yang Dipanggil TC Timnas U-16Rafi dipanggil mengikuti seleksi timnas U-16 (dok.istimewa)

Jumadi mengungkapkan jika klubnya kerap melakukan pembinaan terhadap pemain-pemain muda. Dia berharap Rafi bisa menembus skuat AFF U-16 dan ini menjadi kebanggaan bagi Harjuna Putra & Harmusia Academy.

"Kita tetap yah, apa yang sudah baik kita pertahankan dan yang kurang baik dari cara pembinaan akan kita perbaiki serta yang tidak baik akan kita hilangkan. Supaya kedepannya tetap ada dan mudah-mudahan anak didik kita punya potensi, bakat dan kemampuan yang bisa mengorbit ke tingkat nasional. Itu lah salah satu tujuan kita, bagaimana Akademi kita bisa menyumbang pemain ke nasional," kata Jumadi.

3. Sumut butuh kompetisi berjenjang

Rafi Habibi, Satu-satunya Anak Sumut yang Dipanggil TC Timnas U-16Rafi saat bersama Ramadhan Sananta (dok.istimewa)

Ia juga berharap kepada pemerintah Kota Medan, Khususnya Sumatra Utara bisa mempunya kompetisi usia muda berjenjang di tingkat daerah. Menurutnya ini penting untuk melahirkan pemain muda.

"Kita mengharapkan adanya suatu kompetisi yang rutin dan berkualitas dari segi penyelenggaraan," ujarnya.

Jumadi berharap Rafi bisa terus menorehkan prestasi yang membanggakan.

"Tetap spirit ketika berlatih di akademi, tetap membumi karena ini belum tentu juga lolos, dan apabila lolos tetap lah juga memompa diri, sehingga ketika kesuksesan di usia berprestasi bisa masuk Timnas senior dan bermain di Liga 1," pungkasnya.

Baca Juga: Sudah 74 Tahun, 10 Fakta Perjalanan PSMS Medan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya