PSMS Percayakan Legimin Jadi Caretaker, Semen Padang Ujian Perdana

Legimin sudah pengalaman jadi asisten dari 4 pelatih

Medan, IDN Times- PSMS Medan memastikan memberi kepercayaan kepada Legimin Raharjo untuk memegang kendali sebagai pelatih kepala sementara atau caretaker tim. Hal ini setelah manajemen memecat Miftahudin Mukson dari posisi pelatih kepala. 

Manajemen sampai saat ini belum menentukan pelatih kepala pengganti sehingga Legimin yang sebelumnya menjabat asisten pelatih akan menangani tim.

"Kami masih mendiskusikan siapa pengganti coach Miftah, namun sampai pertandingan menghadapi Semen Padang kita percayakan kepada coach Legimin sebagai caretakernya," kata COO PSMS Andry Mahyar, Sabtu (13/1/2024).

1. PSMS punya waktu sebulan untuk mencari pelatih sesuai persyaratan

PSMS Percayakan Legimin Jadi Caretaker, Semen Padang Ujian PerdanaAsisten Pelatih PSMS, Legimin Rahardjo didampingi kapten Joko Susilo (Dok.Istimewa)

Diketahui PSMS harus mencari pengganti dengan klasifikasi yang ditentukan. Yakni pelatih berlisensi A Diploma. Sejauh ini Legimin memang masih berlisensi B Diploma, namun sebagai caretaker dia bisa menangani tim dengan jangka waktu hanya sebulan.

Dengan waktu babak 12 besar yang hanya berlangsung sebulan, ada potensi Legimin menangani PSMS hingga akhir 12 Besar.

"Kita percaya coach Legimin mampu membuat yang terbaik. Jadi kita percaya seluruh ofisial yang ada, bukan hanya coach Legimin," kata Andry lagi

Baca Juga: [BREAKING] Kalah dari PSIM, PSMS Pecat Miftahudin Mukson

2. Penunjukan Legimin jadi opsi paling realistis di 12 besar

PSMS Percayakan Legimin Jadi Caretaker, Semen Padang Ujian PerdanaIDN Times/Doni Hermawan

Menurut Andry, penunjukan Legimin adalah hal yang realistis. Pasalnya sosok pelatih baru tentu akan butuh waktu untuk beradaptasi dengan tim. Sementara Legimin sudah mendampingi tim sejak awal musim. Sejak masih ditangani Ridwan Saragih hingga Miftahudin, Legimin paham mengenai tim.

"Bukan menutup kuping terkait kritik dari teman-teman di luar sana, tapi hari ini kita akan bicara soal hal yang realistis, dengan tujuan kita dengan target tetap Liga 1," ungkap dia.

Sejauh ini persaingan tim masih ketat di grup X. Itu setelah Persiraja dan Semen Padang juga bermain imbang tanpa gol. Sejauh ini PSMS berada di urutan terbawah dengan satu poin. Sementara PSIM Yogyakarta di urutan teratas dengan 4 poin, disusul Semen Padang dan Persiraja dengan 2 poin.

"Kita percaya, dari coach Legimin, media officer, content crateor, kitman, dan seluruhnya, bahkan kita percaya seluruh pemain dapat membuat hal ke depannya. Kalau kita nggak percaya lagi dengan seluruh perangkat yang ada maka untuk apa tim ini dibentuk," ungkapnya.

 

3. Legimin sudah jadi asisten 4 pelatih

PSMS Percayakan Legimin Jadi Caretaker, Semen Padang Ujian PerdanaPelatih PSMS Miftahudin Mukson bersama asistennya Legimin Rahardjo saat laga melawan Sriwijaya FC di Stadion Teladan, Senin (23/10/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Legimin sendiri sudah berpengalaman sebagai asisten untuk 5 pelatih sejak dia pensiun pada 2021 lalu. Saat itu PSMS dibesut Ansyari Lubis dan menjadi tugas perdana Legimin menjadi asisten.

Selanjutnya, saat PSMS dibesut I Putu Gede, Ridwan Saragih, hingga teranyar Miftahudin Mukson dan Legimin terus mendampingi menjadi asisten.

Baca Juga: Dipecat! Ini Statistik Miftahudin Mukson Selama Melatih PSMS

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya