Pemain Academy Kwarta Dipanggil Timnas U-17 Persiapan ke Jerman

Pemain lebih dulu TC di Jakarta hingga 17 September

Medan, IDN Times- Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya memanggil pemain Sumatra Utara untuk mengikuti pemusatan latihan tim nasional U-17 proyek Piala Dunia U-17. Dia adalah Ahmad Fazli Harahap, pemain dari Academy Kwarta. Fazli menjadi satu-satunya pemain Sumut yang dipanggil.

Hal itu berdasarkan surat PSSI tanggal 6 September 2023 yang ditandatangani Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi.

"Sehubungan dengan keikutsertaan Tim Nasional Sepak Bola U17 Putra Indonesia dalam kejuaraan FIFA Piala Dunia U17 2023 pada 10 November-2 Desember 2023 di Indonesia, PSSI akan mengadakan pemusatan latihan dan persiapan keberangkatan ke Jerman pada 7-17 September 2023 di Jakarta. Maka dengan ini PSSI memanggil Sdr. Ahmad Fazli Harahap."

Pemusatan latihan ini digelar di Hotel Sultan Jakarta. Selain itu Fazli diminta membawa paspor.

1. Fadzli berharap bisa berangkat ke Jerman dan menembus skuat Piala Dunia

Pemain Academy Kwarta Dipanggil Timnas U-17 Persiapan ke JermanAhmad Fadzli Harahap siswa Academy Kwarta yang dipanggil Timnas U-17 untuk TC di Jakarta (IDN Times/Doni Hermawan)

Fadzli tak dapat membendung kegembiraannya dipanggil untuk pemusatan latihan timnas U-17. Dia berharap bisa terpilih untuk skuat Piala Dunia.

"Alhamdulillah suatu kebanggaan bisa dipanggil timnas untuk persiapan ajang Piala Dunia U-17. Satu kebanggaan juga untuk orangtua saya yg telah mendoakan dan support saya setiap hari," kata Fadzli.

Pemain kelahiran Sihopuk Baru (Padanglawas Utara), 23 Januari 2006 ini berharap bisa berangkat ke Jerman. "Mudah-mudahan saya terpilih untuk TC di Jerman," tambahnya.

Baca Juga: 2 Pemain Academy Kwarta Lolos Seleksi Timnas U-17 di Medan

2. Fadzli juga baru saja direkrut Persija Elite Pro Academy

Pemain Academy Kwarta Dipanggil Timnas U-17 Persiapan ke JermanAhmad Fadzli Harahap bersama Ihsan Kusuma Siregar di Persija EPA (Dok.Academy Kwarta)

Seleksi sebelumnya digelar di 12 daerah termasuk Sumut menjadi tuan rumah untuk wilayah Sumatra Bagian Utara (Sumbagut) di Stadion Teladan, Medan pada 29 Juli 2023 lalu. Ada 3 nama yang terpilih dari ratusan peserta seleksi. Selain Ahmad Fadzli Harahap, ada Abdi Solihin Hasibuan dari Academy Kwarta dan Meran Antolin Situmorang dari Akademi Tiga Naga. 

Kemudian Fadzli masuk daftar tunggu panggilan ke timnas. Fadzli tak langsung pulang ke Medan. Pemain yang berposisi gelandang ini justru direkrut Persija Elite Pro Academy (EPA) U-16. Gayung bersambut, timnas U-17 kemudian melakukan evaluasi setelah serangkaian uji coba dan namanya kemudian dipanggil.

Founder Kwarta Adrian Achmad Gho mengaku bangga dengan pencapaian Fadzli. Dengan latihan keras dia berpeluang menembus skuat Piala Dunia U-17.

"Kwarta selama ini selalu menerapkan disiplin tinggi serta program latihan level tinggi. Dan gak lupa selalu memotivasi anak didik untuk yakin bisa bermain di level tertinggi. Bisa bermain di level atas memang butuh pengorbanan. Tapi dia harus terus kerja keras dan tidak cepat puas," kata Adrian Achmad Gho, Kamis (7/9/2023).

Sejumlah jebolan Academy Kwarta memang kerap menembus timnas. Sebut saja Satria Wardana (timnas U-19 tahun 2016), Ihsan Kusuma Siregar (Timnas U-16 tahun 2022) dan Arkhan Fikri (sejak timnas U-16 sampai kini timnas U-23). Selain itu kini ada 4 pemain yang memerkuat Persija Elite Pro Academy, termasuk Fadzli.

"Karena itu kalau punya kemauan yang kuat, punya bakat. Academy Kwarta tempatnya," jelasnya.

3. Timnas U-17 berencana lakoni 3 laga uji coba di Jerman

Pemain Academy Kwarta Dipanggil Timnas U-17 Persiapan ke JermanPelatih TImnas U-17, Bima Sakti (Dok. PSSI)

Timnas U-17 berencana melakukan sejumlah uji coba di Jerman sebelum berlaga di Piala Dunia U-17 November-Desember mendatang di Indonesia. Rencananya tiga tim yang akan dijajal adalah Borussia Dortmund U-17, Borussia Monchengladbach U-17, dan Jerman U-17.

Baca Juga: Arkhan Fikri Pulang Kampung ke Sergai Disambut Keluarga Kecilnya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya