Nil Maizar Cari Pemain yang Sesuai dengan Karakter PSMS

Nil tak asing bekerja sama dengan pemain Medan

Medan, IDN Times- Nil Maizar akan memulai tugasnya sebagai Pelatih kepala PSMS Medan Juli 2024 mendatang. Pelatih kelahiran Payakumbuh, Sumatra Barat, pun akan segera menyiapkan skuat untuk mendukung target promosi ke Liga 1.

Nil mengatakan untuk mencari pemain, dia akan melihat karakter yang sesuai dengan PSMS.

"Membentuk sebuah tim yang kompetitif, tentu banyak faktor yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah karakter tim yang sudah terbangun selama ini. PSMS punya brand sebagai sebuah tim yang petarung, fighting spirit tinggi, dan keras dalam artian yang positif," kata Nil.

1. Nil akan selektif dalam mencari pemain

Nil Maizar Cari Pemain yang Sesuai dengan Karakter PSMSIlustrasi Nil Maizar memberikan intruksi. IDN Times/Imron

Namun Nil tentu juga punya pendekatan yang berbeda. Apalagi dia juga punya stylenya sendiri.

"Saya mungkin akan mempertahankan karakter itu, tapi tentu dengan pendekatan yang berbeda. Karena setiap pelatih pasti punya style yang berbeda-beda.  Untuk itu, saya pastinya membutuhkan pemain-pemain yang bisa menunjang agar karakter PSMS itu tetap terlihat," kata pelatih berusia 54 tahun.

"Tak kalah pentingnya, saya akan sangat selektif mengambil pemain dan sesuai kebutuhan tim. Bagaimanapun proses building team adalah kunci yang akan mementukan prospek tim ke depan," kata eks pelatih Persiba dan Dewa United.

2. Sering kerja sama dengan pemain Medan

Nil Maizar Cari Pemain yang Sesuai dengan Karakter PSMSRiko Simanjutak sedang menggiring bola (https://twitter.com/Persija_Jk)

Pelatih yang membawa Semen Padang juara kompetisi Indonesia itu mengatakan, PSMS adalah tim yang sangat spesial. Apalagi dia punya memori di kota ini.

"Kota Medan adalah kota yang sangat tidak asing dalam perjalanan karir di sepakbola , baik semasa jadi pemain maupun pelatih. Saya menyebutnya sebagai salah satu kota sepakbola di Indonesia," kata Nil.

Apalagi bagi Nil, pemain Medan bukan sosok yang asing. Soalnya di beberapa klub sebelumnya, Nil juga pernah bekerja sama dengan pemain Medan. Salah satunya saat membesut Riko Simanjuntak di Semen Padang.

"Saya punya banyak teman dan sejawat di kota ini, dan saya juga sudah sangat sering bekerja sama dengan pemain-pemain asal Medan atau Sumatra Utara umumnya di tim-tim saya sebelumnya. Mudah-mudahan itu bisa membantu saya dalam bertugas di tim ini nantinya," tambahnya.

3. Target manajemen promosi harga mati

Nil Maizar Cari Pemain yang Sesuai dengan Karakter PSMSNil Maizar dan Arif di Bandung (IDN Times/Galih Persiana)

Sebelumnya CEO PSMS Arifuddin Maulana Basri berharap Nil Maizar bisa mengerahkan seluruh kemampuannya membawa PSMS promosi. Soalnya target itu menjadi harga mati yang tak bisa ditawar.

"Apapun cerita saya atau kita semua mau coach Nil Maizar menaruh semua kemampuannya disini (PSMS). Kita berharap coach Nil datang dan pulang untuk promosi PSMS Medan," tambahnya.

Nil Maizar diketahui terakhir kali membesut Persiba Balikpapan di Liga 2 musim lalu. Sebelumnya dia membesit Dewa United pada tahun 2022 lalu. Nil merupakan eks pelatih timnas Indonesia. Dia sebelumnya pernah membesut Semen Padang, Putra Samarinda, Persela, Sriwijaya FC dan lainnya.

Nil Maizar diketahui saat ini tengah menjalani ibadah haji. Kemungkinan ia akan bergabung bulan Juli mendatang.

Baca Juga: Daftar Pelatih PSMS Medan Pasca Degradasi, 5 Musim 9 Kali Ganti Coach

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya