Lolos TC Timnas U-20, Ini Pesan Sahari Gultom untuk Aditya Ramadhan

Aditya memerkuat PSMS di Liga 2 musim 2023/2024

Medan, IDN Times- Aditya Ramadhan menjadi satu-satunya anak Medan yang berhasil menembus persaingan menuju tim nasional U-20. Setidaknya, sampai pemusatan latihan keempat, namanya terus dipanggil.

Kini Aditya berpeluang untuk masuk ke skuat AFF U-20 dan Championship ASEAN 2024 mendatang. Sebelumnya Aditya menjadi satu-satunya pemain yang terjaring saat seleksi lokal di Stadion TD Pardede 8 Maret 2024 lalu. 

Hal itu dibenarkan Pelatih kiper Timnas U-20 Sahari Gultom. "Saya lihat dia bisa bersaing, dia juga mampu menunjukkan empat elemen yakni kemampuan, skill, taktikal, fisikal juga mampu diikuti dan tidak terlalu sulit, karena memang selama ini dia sudah berlatih di klub atau secara mandiri," kata Sahari Gultom. 

1. Masih ada satu ujian lagi yang harus dilewati Aditya Ramadhan

Lolos TC Timnas U-20, Ini Pesan Sahari Gultom untuk Aditya RamadhanKiper PSMS Aditya Ramadhan (instagram/adityaramadhan1011)

Namun Aditya masih harus melewati satu tahap lagi untuk bisa lolos menjadi bagian dari skuat AFF. Soalnya ada empat kiper yang lolos sampai TC keempat. Sementara hanya ada tiga nama yang akan didaftarkan untuk AFF.

"Jadi kalau empat elemen itu bisa dipenuhi, dan dia akan lolos ke tahap TC Timnas berikutnya untuk persiapan AFF U-19," ujar pria yang akrab disapa Ucok tersebut.

Untuk itu Aditya diminta menunjukkan mentalitas petarungnya. Ucok berpesan, bermain di timnas beda dengan di klub.

"Paling tidak dia harus menunjukkan bagaimana mental tim nasional itu. Beda dengan mental di klub. Jadi dia harus bisa menunjukkan harus menjadi role model profesional. Karena untuk bersaingnya itu tidak mudah," ujar Sahari.

2. Regenerasi kiper Medan di timnas

Lolos TC Timnas U-20, Ini Pesan Sahari Gultom untuk Aditya RamadhanPelatih kiper timnas U-20 Sahari Gultom (Dok.Sahari Gultom)

Jika Aditya bisa menembus skuat timnas U-20, maka Aditya bisa menjadi regenerasi kiper Medan di timnas. Sejak era Sahari Gultom dan Markus Horisson, Medan memang tak lagi meloloskan kiper ke timnas. 

"Perjalanan masih panjang. Dia bisa saja dia akan menjadi regenerasi penjaga gawang Medan. Tapi semoga dia bisa menunjukkannya, karena dia sudah punya modal kemampuan dan postur badan yang bagus. Maka itu akan menjadi poin tambahan untuk dia," pungkasnya.

3. Aditya memerkuat PSMS di Liga 2 musim 2023/2024

Lolos TC Timnas U-20, Ini Pesan Sahari Gultom untuk Aditya RamadhanKiper muda PSMS Aditya Ramdhan (IDN Times/Doni Hermawan)

Sebelumnya Aditya Ramadhan adalah bagian dari skuat PSMS Medan di Liga 2 musim 2023/2024. Namun Aditya tidak mendapatkan menit bermain. Dengan usianya yang masih belia, Aditya kesulitan bersaing dengan kiper senior seperti Abdul Rohim, Adixi Lenzivio hingga Dimas Galih.

Baca Juga: Ikhsan Chan Satu-satunya Pemain PSMS Masuk Nominasi Best XI Liga 2

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya