Comscore Tracker

Liverpool vs Barcelona: Ini Strategi Klopp untuk Membalikkan Keadaan

Harus cleansheet

Liverpool dalam posisi tertekan dalam misinya membalikkan keadaan saat menjamu Barcelona pada leg II semifinal Liga Champions di Anfield, Rabu (8/5) dini hari. Kalah 0-3 di Camp Nou, The Reds justru dalam kondisi pincang jelang laga.

Absennya dua dari trisula tajam Liverpool Roberto Firmino dan Mohamed Salah semakin menambah derita Liverpool. Praktis Liverpool tinggal berharap pada Sadio Mane di depan.

"Mereka berdua tidak bisa dimainkan. Mo mengalami gegar (otak). Itu berarti dia tidak dapat dimainkan. Dia merasa baik-baik saja tetapi jika dilihat dari sisi medis itu tidak cukup," kata Pelatih Liverpool Jurgen Klopp dikutip dari Telegraph.

1. Klopp masih optimis

Liverpool vs Barcelona: Ini Strategi Klopp untuk Membalikkan KeadaanSky Sports

Jurgen Klopp masih coba mengumpulkan sisa-sisa rasa optimis. Klopp minta pemainnya bermain maksimal di dua laga sisa. "Kami masih berupaya meraih kemenangan. Masih ada kesempatan untuk membuat musim ini lebih panjang," ucapnya.

"Setidaknya ini adalah dua pertandingan kandang terakhir dari sebuah musim yang luar biasa dan kami harus merayakannya," ujar mantan pelatih Borussia Dortmund.

Baca Juga: MU Tak Lolos Liga Champions, Ini 5 Pemain yang Bakal Hengkang

2. Shaqiri dan Sturridge menjadi opsi

Liverpool vs Barcelona: Ini Strategi Klopp untuk Membalikkan Keadaantwitter.com/LFC

Tanpa Mohamed Salah dan Firmino, besar kemungkinan Liverpool mengandalkan Sturridge sebagai penyerang tengah. Hal itu sudah dilakukan Klopp saat mengganti Salah dengan Sturridge saat cedera. Xherdan Shaqiri juga punya kemampuan menggantikan Salah sebagai penyerang sayap.

Opsi lainnya, langsung menurunkan Sturridge dan Divock Origi bersamaan di depan bersama Sadio Mane. Origi membuktikan ketajamannya saat mencetak gol penentu ke gawang Newcastle.

3. Van Dijk sempat cedera ringan

Liverpool vs Barcelona: Ini Strategi Klopp untuk Membalikkan Keadaancnnindonesia.com

Kabar buruk lainnya adalah Virgil van Dijk sempat tidak menghadiri latihan Liverpool, Senin (6/5). Namun, juru bicara Liverpool menyebutkan bahwa van Dijk tidak absen latihan namun hanya latihan ringan dan terpisah dari skuat Liverpool lainnya dan hanya berlatih terpisah. Jika nantinya absen, Klopp akan menduetkan Joel Matip dan Dejan Lovren. Trent Alexander Arnold juga akan kembali sebagai starter.

Sama dengan Alex Oxlade-Chamberlain serta Adam Lallana. Padahal Chamberlain juga harusnya bisa diharapkan di sektor sayap.

4. Harus cetak gol cepat

Liverpool vs Barcelona: Ini Strategi Klopp untuk Membalikkan Keadaanthisdaylive.com

Cara Liverpool membalikkan skor saat bersua Barcelona adalah lewat momentum gol cepat. Selain itu Liverpool tak boleh kebobolan.

"Yang paling penting adalah mencetak gol cepat di awal laga, dan jika kami bisa mengelolanya, maka semuanya akan mungkin. Tentu saja, kami tidak pernah merasa bahwa kami sudah kalah. Ini baru satu pertandingan," ujar Lovren dilansir dari Sky Sports.

"Ini akan menjadi tantangan yang sulit setelah kalah 0-3, tetapi saya ingat kami melakukannya berkali-kali, dan Liverpool cukup terkenal dengan comeback yang hebat.Kita juga harus bersabar dan tidak terburu-buru. Penting jika kita bisa mencetak gol dalam 10 menit pertama dan akan ada banyak tekanan pada mereka, tetapi semuanya mungkin di Anfield," tambahnya.

Baca Juga: [BREAKING] Gol Tunggal Kompany Bawa Manchester City Kembali ke Puncak

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You