Jelang PON 2024, Asprov PSSI Sumut Kerja Sama dengan RS Royal Prima

Bantu penanganan kesehatan atlet jelang PON 2024

Medan, IDN Times- Jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara 2024, Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Sumut bekerja sama dengan Rumah Sakit Royal Prima untuk mengembangkan sport medicine. Ini akan membantu penanganan kesehatan atlet sepak bola Sumut yang akan mengikuti PON pada September 2024 mendatang.

Plt Ketua Asprov PSSI Sumut Arya Mahendra Sinulingga mengatakan kesehatan menjadi investasi mahal terutama di sepak bola.

"Masalah kesehatan ini penting bagi atlet olahraga, misalnya sepakbola. Kami di PSSI pusat menjadikan yang namanya kesehatan bukan di ujung ketika cedera. Tapi dijadikan malah di awal," kata Arya, ,Selasa (26/3/2024).

1. Kesehatan jadi seleksi awal atlet

Jelang PON 2024, Asprov PSSI Sumut Kerja Sama dengan RS Royal PrimaKerjasama Asprov PSSI Sumut dan RS Royal Prima soal sport medicine (Dok.Istimewa)

Arya mengatakan, bahwa kerjasama tersebut diharapkan bisa berjalan berdampingan antara penciptaan talenta atlet yang didukung oleh sport science dan sport medicine.

"Bahwa nanti pemain PON itu seleksi awalnya sebenarnya adalah di kesehatan. Jadi setelah kita tau dan kita ambil, selanjutnya tes kesehatan. Kita mau menghadirkan kesehatan termasuk bagian terdepan untuk seleksi pemain. Jadi kita akan mendapatkan pemain-pemain yang dari sisi kesehatan yang bagus. Kemudian kita omongin yang lain seperti teknisnya," ungkap Exco PSSI tersebut.

 

2. Ciptakan atlet potensial yang memiliki kesehatan bagus

Jelang PON 2024, Asprov PSSI Sumut Kerja Sama dengan RS Royal PrimaKerjasama Asprov PSSI Sumut dan RS Royal Prima soal sport medicine (Dok.Istimewa)

Dengan semua perlengkapan canggih yang dimiliki RS Royal Prima, maka kerja sama tersebut sangatlah penting bagi Asprov PSSI Sumut. Untuk itu, Arya berharap kerja sama tersebut bisa menciptakan atlet potensial dengan memiliki kesehatan yang bagus demi prestasi olahraga Sumut di PON 2024 mendatang.

"Kita harapkan nanti dari sisi fisik dan kesehatan pemain kita sudah fit. Sehingga kita tidak meraba-raba lagi nih. Sehingga ketika nanti bertanding itu kalau pun cwdera, ya cedera standar lah. Bukan lagi masalah standar kesehatannya yang merupakan basic di olahraga," ucapnya.

 

3. Royal Prima berkomitmen untuk mendukung kesehatan fisik terhadap atlet PON

Jelang PON 2024, Asprov PSSI Sumut Kerja Sama dengan RS Royal PrimaKerjasama Asprov PSSI Sumut dan RS Royal Prima soal sport medicine (Dok.Istimewa)

Sementara itu, Direktur Utama RS Royal Prima, Dr.dr. Wienaldi MKM, FISQua mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk mendukung semua kebutuhan Asprov PSSI Sumut dalam menangani kesehatan fisik terhadap atlet PON.

"Dalam assessment atlet itu pendekatan kesehatannya perlu memang dari hulu hingga hilir. Dalam hal ini kita sudah siap mensupport dari hulu ke hilir. Dari segi SDM nya juga kita sudah punya dokter-dokter ahli di bidang Sport Medicine ataupun sport injuring," ungkap Wienaldi.

Selain itu pihaknya juga sudah menyiapkan fasilitas baik peralatan hingga SDM untuk program kesehatan yang dimiliki Asprov PSSI Sumut.

"Dari segi prasarana juga sudah kita siapkan, mulai dari MRI yang sangat canggih untuk mendeteksi kelainan-kelainan dan juga SDM di bidang radiologi yang sudat expert. Mudah-mudahan ini bisa mendukung program Asprov PSSI Sumut yang bisa berpartisipasi untuk menjadikan olahraga di Sumut ini bergaung di kancah Nasional," pungkasnya.

Baca Juga: Jadi Plt Ketua Asprov PSSI Sumut, Arya Prioritaskan PON Dibanding KLB

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya