Hitung-hitungan Peluang PSDS Lolos dari Degradasi 

PSDS wajib menang dan menanti hasil laga PSPS

Medan, IDN Times- PSDS Deli Serdang saat ini berada di ambang jurang degradasi. Nasibnya akan ditentukan pada laga terakhir grup B babak playoff degradasi Liga 2 musim 2023/2024, Jumat (2/2/2024) mendatang. PSDS akan melawat ke markas Persikab Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Caretaker Pelatih PSDS Imam Faisal mengatakan akan habis-habisan berjuang di laga terakhir nanti. 

"Walaupun jatuh, saya akan memotivasi anak-anak supaya tampil habis-habisan tanggal 2 (Februari) nanti di kandang Persikab. Mudah-mudahan ada mukjizat," kata Imam Faisal.

Seperti apa hitung-hitungan peluang PSDS untuk lolos dari degradasi?

1. PSDS wajib kalahkan Persikab di Bandung

Hitung-hitungan Peluang PSDS Lolos dari Degradasi Pemain PSDS merayakan kemenangan atas Persikab Bandung di Stadion Baharoeddin Siregar, Kamis (11/1/2024) (IDN Times/Doni Hermawan)

Saat ini di grup B ada tiga tim yang memperebutkan satu tiket ke zona aman. Hanya Nusantara United yang sudah pasti bertahan di Liga 2 dengan koleksi 10 poin dari 5 laga. Sementara PSPS di urutan kedua dengan 6 poin dan PSDS di urutan ketiga dengan 5 poin. Disusul Persikab di urutan terakhir juga dengan 5 poin.

Artinya PSDS harus saling bunuh dengan Persikab Bandung. Tentu bukan hal mudah karena Persikab main di kandangnya. 

Jika imbang, PSDS akan mengoleksi 6 poin dan sudah pasti tidak lolos karena kalah head to head dengan PSPS. 

Baca Juga: Wasit Beri Injury Time 10 Menit, PSDS Ditahan Nusantara United 2-2

2. PSDS berharap PSPS gagal kalahkan Nusantara United di kandangnya

Hitung-hitungan Peluang PSDS Lolos dari Degradasi Suporter rusuh saat PSPS Riau kalah melawan Nusantara United FC pekan lalu (IDN Times/ Fanny Rizano)

Namun kemenangan saja tak cukup bagi PSDS untuk lolos. Soalnya mereka juga mesti berharap PSPS gagal menang dari Nusantara United di Stadion Kebogiro, Boyolali, Jawa Tengah. 

Jika PSPS imbang atau kalah, maka kans PSDS terbuka untuk lolos dari degradasi. PSDS akan mengoleksi 8 poin dan naik ke posisi 2. Sementara PSPS jika imbang atau kalah hanya mengoleksi 7 poin. 

3. Persikab belum pernah kalah di kandang

Hitung-hitungan Peluang PSDS Lolos dari Degradasi Pelatih Persikab I Putu Gede (Dok.PSDS)

PSDS dibayangi rekor buruk saat menghadapi laga krusial ini. Soalnya PSDS belum pernah menang di laga tandang. Mereka baru memetik satu poin di laga tandang saat bersua PSPS Riau. Selebihnya mereka terus kalah di kandang lawan sejak putaran 1.

Sementara Persikab juga gak pernah kalah di kandang sendiri. Mereka meraih 3 kali menang dan 5 kali imbang di GBLA musim ini. Bagaimana PSDS?

Baca Juga: Tangis Imam Faisal Usai PSDS Imbang: 10 Menit Ga Masuk Akal

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya