Hadapi Liga 3, PS Kwarta Gelar Seleksi Terbuka

Burung Sumatera ingin menembus Liga 2

Medan, IDN Times-Tidak hanya klub Liga 1 dan Liga 2 yang sudah menggelar persiapannya. Klub-klub Liga 3 juga tak mau kalah. Termasuk klub Liga 3 asal Sumatera Utara, PS Kwarta. Tim berjuluk Burung Sumatera ini akan menggelar seleksi terbuka mulai Selasa (9/4).

Seleksi akan digelar di Lapangan Pondok Rowo, Desa Laudendang, Percutseituan. Seleksi digelar mulai pukul 07.30 WIB pagi hari. 

1. Liga 3 Sumut digelar pasca Idul Fitri

Hadapi Liga 3, PS Kwarta Gelar Seleksi TerbukaIDN Times/Doni Hermawan

Mewakili manajemen PS Kwarta, Lilik Suheri mengatakan timnya sedang mempersiapkan diri menghadapi Liga 3 zona Sumatera Utara yang kemungkinan digelar pasca Idul Fitri. Untuk itu Kwarta tak mau bersantai dan ingin mempersiapkan diri lebih dini.

"Ya memang secara nasional mungkin digelar Juli-Desember sesuai dengan surat edaran dari PSSI. Tapi untuk Sumut kabarnya Asprov akan menggelar usai libur Lebaran nanti," kata Lilik.

Baca Juga: Miris, Klub-klub Jawara Ini Harus Berlaga di Liga 3

2. Tak mematok kuota pemain

Hadapi Liga 3, PS Kwarta Gelar Seleksi TerbukaIDN Times/Doni Hermawan

Lilik mengatakan tak memberikan kuota jumlah pemain yang akan direkrut dari seleksi terbuka ini. Ia mengatakan jika banyak yang berkualitas, tak menutup kemungkinan akan banyak pemain direkrut. "Jika yang berkualitas cuma sedikit tidak mungkin dipaksakan. Seberapa banyak yang bagus kalau kita anggap bagus pasti akan direkrut," tambah pelatih berlisensi B AFC itu.

3. Syaratnya diutamakan kelahiran tahun 2000

Hadapi Liga 3, PS Kwarta Gelar Seleksi TerbukaIDN Times/Doni Hermawan

Sesuai dengan persyaratan dari PSSI, klub Liga 3 harus mendaftarkan pemain kelahiran 1 Januari 1997 sampai 1 Januari 2001. Namun tahun ini tidak boleh memakai pemain senior atau pemain berpengalaman.

Lilik mengatakan lebih mengutamakan pemain kelahiran tahun 2000 untuk direkrut. "Kalau bisa memang berusia 19 tahun karena memang tim ini dipersiapkan untuk jangka panjang," kata Lilik.

4. Kwarta target juara

Hadapi Liga 3, PS Kwarta Gelar Seleksi TerbukaIDN Times/Doni Hermawan

Kwarta pernah menembus Divisi Utama atau kini bernama Liga 2 pada tahun 2014 lalu. Ketika itu Burung Sumatera berhasil lolos setelah menjuarai Divisi 1 (kini Liga 3). Namun hanya semusim, Kwarta terdegradasi kembali dan harus terjun bebas ke Liga 3. Untuk itu Kwarta bertekad untuk kembali mengulang prestasi pada 2014 lalu.

Tahun lalu Kwarta hanya berhasil menembus babak perempat final. Mereka ditumbangkan PSDS Deliserdang. "Tahun ini tentu kami ingin menargetkan juara dulu untuk zona Sumut," kata mantan pemain PSMS ini.

5. Format Liga 3 2019 ada tiga babak, jatah promosi 6 tim

Hadapi Liga 3, PS Kwarta Gelar Seleksi TerbukaIDN Times/Doni Hermawan

Liga 3 2019 terbagi atas tiga putaran. Mulai dari putaran provinsi, putaran regional lalu putaran nasional 32 besar. Peserta 32 besar berasal dari 6 klub hasil kompetisi pra putaran nasional yang bersaing dengan 16 klub (6 degradasi dari Liga 2 2018 dan 10 klub Liga 3 putaran nasional 2019). Selain itu ditambah 26 tim dari hasil kompetisi putaran provinsi dan putaran regional. Enam klub teratas berhak promosi ke Liga 2 2020.

Baca Juga: [BREAKING] Iwan Budianto Jadi Plt Ketum PSSI, Gusti Randa Apa Kabar?

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya