Comscore Tracker

Fans Menolak Keras! 6 Klub Inggris Mundur dari European Super League

Pemerintah Inggris juga melarang

Rencana European Super League kini mulai gamang. Big six Premier League atau enam tim besar Liga Inggris kompak menyatakan mundur dari rencana kompetisi baru tandingan Liga Champions itu. 

Manchester City dan Chelsea lebih dulu menyatakan pengunduran diri mereka. Disusul empat klub lainnya Liverpool, Manchester United, Arsenal dan Tottenham Hotspur. Berikut pernyataan resmi mereka.

1. Liverpool mengumumkan di twitter dan website resmi

Fans Menolak Keras! 6 Klub Inggris Mundur dari European Super LeagueSpanduk anti European Super League dan penggemar Liverpool berada di depan stadion Anfield saat 12 klub sepakbola Eropa teratas meluncurkan Super League di Liverpool, Inggris, Senin (19/4/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Carl Recine/

Lewat akun twitter dan laman resminya, Liverpool menyatakan, "Klub Sepak Bola Liverpool dapat mengonfirmasi bahwa keterlibatan kami dalam rencana yang diusulkan untuk membentuk Liga Super Eropa telah dihentikan."

"Dalam beberapa hari terakhir, klub telah menerima perwakilan dari berbagai pemangku kepentingan utama, baik secara internal maupun eksternal, dan kami ingin mengucapkan terima kasih atas kontribusi mereka yang berharga."

Sebelumnya para pemain Liverpool juga kompak mengunggah pesan menolak European Super League. Bus mereka juga diadang fans jelang laga kontra Leeds.

2. MU pertimbangkan fans dan pemerintah Inggris

Fans Menolak Keras! 6 Klub Inggris Mundur dari European Super LeaguePemain Manchester United Anthony Martial berebut bola dengan pemain Manchester City Ruben Dias saat laga Liga Inggris di Etihad Stadium, Manchester, Inggris (7/3/2021). MU berhasil menundukkan Manchester City dengan skor 2-0 melalui gol Bruno Fernandes dan Luke Shaw. ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Peter Powell

Manchester United menyusul Liverpool membuat pernyataan lewat akun twitter resminya. Mereka memastikan tak ikut setelah mempertimbangkan reaksi fans dan pemerintah Inggris.

"Kami tak akan berpartisipasi di Liga Super Eropa. Kami telah mendengarkan dengan cermat reaksi dari para penggemar kami, pemerintah Inggris dan pemangku kepentingan utama lainnya,"

"Kami tetap berkomitmen untuk bekerja dengan orang lain di seluruh komunitas sepak bola untuk menghasilkan solusi berkelanjutan untuk tantangan jangka panjang yang dihadapi permainan ini."

3. Arsenal minta maaf kepada fans

Fans Menolak Keras! 6 Klub Inggris Mundur dari European Super Leagueskysports.com

Arsenal bahkan meminta maaf ke fans lewat surat terbukanya. Fans The Gunners termasuk yang bereaksi keras atas rencana tersebut.

"Sebagai hasil dari mendengarkan Anda dan komunitas sepak bola yang lebih luas selama beberapa hari terakhir, kami menarik diri dari Liga Super yang diusulkan,"

"Kami melakukan kesalahan, dan kami mohon maaf untuk itu."

4. Petinggi Tottenham Daniel Levy sampaikan alasan ikut ESL hingga akhirnya putuskan mundur

Fans Menolak Keras! 6 Klub Inggris Mundur dari European Super LeagueTwitter/SpursOfficial

Sementara Tottenham menjelaskannya lewat petinggi, Daniel Levy. Dimulai dari alasan mempertimbangkan ESL hingga alasan tidak jadi berpartisipasi.

“Kami menyesali kecemasan dan kekesalan yang disebabkan oleh proposal ESL. Kami merasa penting bagi klub kami untuk berpartisipasi dalam pengembangan kemungkinan struktur baru yang berusaha untuk lebih memastikan permainan adil finansial dan keberlanjutan finansial sambil memberikan dukungan yang meningkat secara signifikan untuk piramida sepak bola yang lebih luas," ujar Levy.

“Kami percaya bahwa kami tidak boleh diam dan bahwa olahraga harus terus meninjau kompetisi dan tata kelola untuk memastikan permainan yang kita semua sukai terus berkembang dan membangkitkan semangat penggemar di seluruh dunia,"

"Kami ingin berterima kasih kepada semua pendukung yang menyampaikan pendapat mereka."

5. Chelsea diadang fans di pintu masuk stadion

Fans Menolak Keras! 6 Klub Inggris Mundur dari European Super LeaguePesepak bola Chelsea Mason Mount (kiri) melakukan selebrasi bersama rekannya Reece James seteah berhasil mencetak gol ke gawang Liverpool dalam laga lanjutan Liga Inggris, di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Kamis (4/3/2021). Chelsea berhasil mengalahkan Liverpool 1-0 lewat gol yang dicetak Mason Mount pada menit ke-42. ANTARA FOTO/Pool via Reuters-/Phil Noble

Sementara Chelsea meski belum ada pernyataan resmi telah melakukan pertemuan petinggi klub dengan para pemain dan jajaran pelatih untuk membicarakan hal ini.

Pertemuan tersebut dilakukan sebelum pasukan Thomas Tuchel menghadapi Brighton & Hove Albon di pekan ke-31 Liga Inggris 2020-2021. Mereka juga diadang fans di pintu masuk stadion yang menyatakan ketidaksetujuan mereka atas rencana klub.

6. Manchester City pertama menyatkaan mundur

Fans Menolak Keras! 6 Klub Inggris Mundur dari European Super LeaguePemain Manchester City memegangi kepalanya usai laga Liga Inggris melawan Manchester United di Etihad Stadium, Manchester, Inggris (7/3/2021). MU berhasil menundukkan Manchester City dengan skor 2-0 melalui gol Bruno Fernandes dan Luke Shaw. ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Laurence Griffiths

Sementara Manchester City juga telah membuat statemen resmi di website klub. "Klub sepak bola Manchester City mengonfirmasi telah secara resmi memberlakukan prosedur untuk mundur dari grup yang mengembangkan rencana European Super League," demikian pernyataan singkat klub.

Sebelumnya Pelatih Josep Guardiola juga terang-terangan mengkritik rencana klub ikut serta. 

Baca Juga: Protes European Super League, Jersey Dibakar dan Bus Liverpool Dicegat

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya