Dipimpin Indra Sjafri, 322 Pemain Ikuti Seleksi Tim PON Sumut

Indra berharap level Sumut samai Aceh-Papua

Medan, IDN Times- Seleksi tim sepak bola Sumatra Utara untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara 2024 dimulai di Stadion TD Pardede Medan, Kamis (18/4/2024). Seleksi akan digelar 2 hari ke depan. 

Sebanyak 322 pemain terlihat hadir mengikuti seleksi yang dipimpin Pelatih timnas U-20 Indra Sjafri sebagai talent scouting beserta pelatih kiper Sahari Gultom.

Indra berharap level permainan tim PON Sumut bisa menyamai finalis PON 2020 lalu yakni Aceh dan Papua. Apalagi Sumut menjadi tuan rumah.

"Saya bandingkan dengan final PON sebelumnya antara Aceh dan Papua, itu lah kualitas PON kita terakhir. Saya pikir oleh sebab itu Sumut dan saya sebagai PSSI yang datang kesini membantu Asprov Sumut akan membentuk tim yang solid. Karena kalau dibandingkan dengan final Aceh dan Papua saya kira levelnya cukup bagus. Dan itu lah yang menjadi pembanding tim Sumut. Bagaimana tim Sumut? Saya belum lihat mereka latihan," ungkap Indra Sjafri.

1. Indra diminta talent scouting yang independen

Dipimpin Indra Sjafri, 322 Pemain Ikuti Seleksi Tim PON SumutPelatih timnas U-20 Indra Sjafri saat memimpin seleksi tim sepak bola PON Sumut (Dok.istimewa)

Indra juga mengatakan dirinya bersedia hadir sebagai tim talent scouting yang independen. Hal itu karena Sumut ingin membentuk tim yang solid.

"Jadi kemarin itu ada permintaan dari Asprov Sumut yang ingin membentuk tim dalam persiapan PON. Kebetulan Sumut juga tuan rumah bersama dengan Aceh. Tentunya Sumut ingin mempersiapkan tim dengan baik. Oleh sebab itu Asprov meminta kami sebagai tim independen yang berpengalaman dalam memilih talent scouting yang berguna membantu pelatih," kata Indra Sjafri.

2. Seleksi akan cari pemain tambahan untuk skuat PON yang sudah ada

Dipimpin Indra Sjafri, 322 Pemain Ikuti Seleksi Tim PON SumutSeleksi tim sepak bola PON Sumut di Stadion TD Pardede, Kamis (18/4/2024) (Dok.istimewa)

Indra mengatakan para pemain yang diseleksi nantinya akan dimasukkan ke dalam skuat yang sudah terbentuk saat ini. Diketahui tim ini sudah berjalan setahun terakhir dibesut Reswandi. 

"Oleh sebab itu hari ini kita melakukan seleksi dan besok akan ada lanjutannya untuk tambahan 30 pemain yang sudah ada di tim pelatih dan akan kita tambah dengan ini, serta besok akan kita lihat lagi," bebernya.

3. Tim talent scouting hanya merekomendasikan nama ke pelatih

Dipimpin Indra Sjafri, 322 Pemain Ikuti Seleksi Tim PON SumutSeleksi tim sepak bola PON Sumut di Stadion TD Pardede, Kamis (18/4/2024) (Dok.istimewa)

Menurut Indra, sebagai talent scouting mereka hanya merekomendasikan nama. Nantinya pelatih kepala yang menentukan.

"Alhamdulillah dari 322 pemain yang hadir kita akan merekomendasikan beberapa pemain yang bisa dicoba," ujarnya.

"Kita hanya merekomendasikan, keputusan akhir tetap oleh tim pelatih. Kami juga mengusulkan pemain-pemain yang ber KTP Sumut yang bermain di Liga, FA dan daerah lain agar dihubungi untuk bisa memperkuat tim PON Sumut," pungkasnya.

Baca Juga: Seleksi Tim Sepak Bola PON Sumut Digelar, Ini Syaratnya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya