Alasan Ridwan Tunjuk Joko Susilo dan Azis Hutagalung Jadi Kapten PSMS

Joko kapten utama, Azis wakilnya

Medan, IDN Times- PSMS Medan menunjuk dua pemain belakangnya untuk menjadi kapten dan wakil kapten untuk Liga 2 musim 2023/2024. Joko Susilo menjadi kapten utama sementara Aziz Hutagalung jadi wakil kapten. 

Pelatih Kepala PSMS, Ridwan Saragih mengatakan keputusan menentukan kapten ini sudah didiskusikan dengan staf pelatih. 

"Penentuan kapten bukan ditentukan saya sendiri. Tapi melalui rapat staf pelatih, kita tentukan Joko Susilo sebagai kapten pertama dan Azis Hutagalung sebagai kapten kedua," ujar Ridwan. 

1. Joko musim lalu juga menjabat kapten juga

Alasan Ridwan Tunjuk Joko Susilo dan Azis Hutagalung Jadi Kapten PSMSKapten PSMS Joko Susilo (IDN Times/Doni Hermawan)

Bagi Joko jabatan kapten ini bukan hal yang asing. Soalnya musim lalu ban kapten juga melingkar di lengannya. Namun saat itu sebenarnya dia bukan kapten utama. Melainkan wakil kapten. PSMS menunjuk Supardi sebagai kapten utama. 

Saat berlaga di Turnamen Edy Rahmayadi Cup, Azis juga sudah mengemban tugas sebagai kapten itu karena Joko absen.

"Sosok kapten harus bisa jadi panutan, jadi contoh rekan-rekan yang lain yang bisa jadi pemimpin dalam tim. Kita pilih Joko, kemudian Azis Hutagalung. Mereka memenuhi kriteria yang kita maksud tersebut," jelas Ridwan.

Baca Juga: Menanti Tari Samba Matheus Souza untuk PSMS di Liga 2

2. Posisi kapten tak jamin posisi starter

Alasan Ridwan Tunjuk Joko Susilo dan Azis Hutagalung Jadi Kapten PSMSPelatih PSMS Ridwan Saragih saat launching skuat PSMS, Senin (11/9/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Begitupun Ridwan mewanti-wanti keduanya. Posisi kapten bukan berarti keduanya akan pasti bermain sebagai starter.

"Kalau untuk pilar utama tergantung dari kondisi dia. Kedua dari latihan, ketiga dari kebutuhan strategi. Jadi enggak menentukan juga seorang kapten harus strater, harus kita lihat juga kondisi," pungkas Ridwan.

3. Selain Joko dan Azis, PSMS punya stok stoper

Alasan Ridwan Tunjuk Joko Susilo dan Azis Hutagalung Jadi Kapten PSMSBek PSMS Andri Muliadi (IDN Times/Doni Hermawan)

Jika melihat komposisi pemain dari persiapan pramusim PSMS, Joko dan Azis Hutagalung memang selalu diduetkan Ridwan di belakang. Sementara untuk alternatif ada Andri Muliadi. Nama terakhir ini baru bergabung setelah Edy Rahmayadi Cup. Musim lalu dia dipercaya sebagai rekan duet Joko Susilo. Artinya Ridwan punya pilihan untuk lini belakang.

Baca Juga: PSMS Perkenalkan Jersey Baru, Ada Motif Songket Melayu

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya