TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tekuk Teman Sekampung yang Kini Bela Jabar, Faisal Siahaan Raih Emas

Sumut juga tambah 1 perak dan 1 perunggu dari karate

Faisal Siahaan meraih emas karate PON 2024 (IDN Times/Doni Hermawan)

Medan, IDN Times- Kontingen karate Sumatra Utara sudah memenuhi targetnya mendapatkan tiga medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumut. Adalah Faisal Halomoan Siahaan yang meraih emas dari nomor kumite -60 kg.

Di final dia mengalahkan Reynal Martahan Naibaho dari Jawa Barat dengan skor tipis 5-4 pada laga yang berlangsung di Gedung Serbaguna Universitas Negeri Medan (Unimed), Rabu (18/9/2024).

1. Lawan teman sekampung di Balige

Faisal, yang tampak sangat emosional usai pertandingan, menyampaikan rasa syukur dan kebahagiaan atas pencapaiannya
.
“Rasa kebahagiaan saya sama pelatih, berkah Tuhan hari ini sangat melimpah. Kemenangan di podium tertinggi ini sangat mengharukan. Semangat pelatih luar biasa untuk memotivasi saya dalam bertanding," ujar Faisal.

Ia juga mengenang masa kecilnya bersama Reynal, lawannya di final, yang ternyata berasal dari kampung yang sama di Balige.

“Satu perguruan, satu dojo dulu waktu kecil, tapi beda provinsi. Kita bareng latihan selama ini, apalagi kita satu pelatih juga. Jadi, karakter masing-masing sudah pasti tahu,” tambahnya.

2. Sempat gugup di awal laga

Faisal mengaku sempat merasa gugup di awal pertandingan, namun ia segera menemukan ritme dan meningkatkan kepercayaan dirinya.

"Di menit pertama agak nervous sedikit, tapi lama-kelamaan tingkat kepercayaan saya makin tinggi," ungkapnya.

Kunci keberhasilan Faisal tidak lepas dari latihan intensif selama hampir tiga tahun terakhir. “Kami latihan dua kali sehari, bahkan di sesi terakhir sampai tiga kali. Mungkin inilah berkat Tuhan buat tim karate Sumut. Kalau satu hari, pagi dua jam, sore dua jam. Kalau kita mau, kita tambahi sendiri jam latihan,” ujarnya.

Berita Terkini Lainnya