Comscore Tracker

5 Jenis Tanaman Sayuran yang Paling Cepat Panen

Tanaman sayuran yang cepat panen, apa saja ya? 

Berkebun tanaman sayuran bisa menjadi kegiatan produktif selama di rumah. Aktivitas berkebun dapat menjadi hobi dan peluang usaha di masa pandemi ini. Dengan berkebun, kita juga bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar apabila dilakukan dalam skala yang besar dan serius. Sebelum berkebun, alangkah baiknya jika kita mengenal tanaman sayuran apa saja yang mudah dibudidayakan dan cepat panen. 

Sayuran sangat penting bagi kesehatan dan tidak ada salahnya jika kita menanam tanaman sayuran di rumah bukan? Selain lebih hemat, tentu kualitas sayuran yang kita tanam sendiri lebih terjamin. Ada banyak tanaman sayuran yang tidak membutuhkan waktu lama untuk di panen. Mari kita simak bersama-sama.

1. Kangkung

5 Jenis Tanaman Sayuran yang Paling Cepat Panentokopedia.com/Cindy Krisania Juli Haryono

Tanaman kangkung sangat mudah ditanam dan cocok di semua musim. Kangkung mulai dapat dipanen pada umur 24 hst. Kangkung juga bisa ditanam di lahan yang sempit jadi tidak perlu khawatir. Sayuran kangkung yang sudah dipanen inipun siap untuk dimasak. Contoh olahan sayur kangkung yaitu tumis kangkung, cah kangkung, dan lain-lain.

2. Sawi hijau

5 Jenis Tanaman Sayuran yang Paling Cepat Panenpixabay.com/sasint

Tanaman sawi hijau termasuk tanaman yang berumur pendek. Sawi hijau siap dipanen paling cepat pada umur 40 hst dan paling lambat 70 hst. Pada masa pertumbuhan, tanaman sawi ini memerlukan air dan sinar matahari yang cukup. Sebelum memanen sawi hijau ini pastikan untuk melihat ukuran daun, warna dan bentuk daun. 

Baca Juga: 12 Fakta Menarik tentang Nyamuk yang Mungkin Belum Kamu Tahu

3. Bayam 

5 Jenis Tanaman Sayuran yang Paling Cepat Panenpixabay.com/MSphotos

Tanaman bayam merupakan tanaman yang mudah tumbuh di semua jenis tanah. Bayam banyak dikonsumsi karena bagian daunnya banyak mengandung zat besi. Tanaman bayam ini dapat dipanen pada umur 15 hst maupun 20 hst. Jika daun tanaman bayam sudah cukup besar maka bisa langsung dipanen. 

4. Selada 

5 Jenis Tanaman Sayuran yang Paling Cepat Panenpixabay.com/Pexels

Tanaman selanjutnya yang mudah ditanam yaitu selada. Tanaman selada bisa dipanen pada umur 40 hst. Selada lebih mudah dibudidayakan secara hidroponik tetapi juga bisa ditanam di polybag. Tanaman selada memiliki rasa yang segar dan cocok untuk lalapan. 

5. Lobak

5 Jenis Tanaman Sayuran yang Paling Cepat Panenpixabay.com/kungfunamhuynhdao

Tanaman lobak memiliki umbi yang berwarna putih. Tanaman ini berasal dari Tiongkok dan banyak dibudidayakan di Indonesia. Tanaman lobak dapat dipanen pada umur 60 hst. Selain mudah ditanam baik di dataran rendah maupun pegunungan, tanaman lobak merupakan sumber antioksidan dan mineral. 

Baca Juga: Bangga! Ternyata 5 Spesies Kupu-kupu Cantik Ini Asli dari Indonesia

nur asih jayanti Photo Community Writer nur asih jayanti

Senang menulis apa saja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya