Comscore Tracker

4 Hal yang Perlu Kamu Tahu soal Etnis Batak Toba

Indonesia memiliki keragaman yang sangat unik

Medan, IDN Times- Indonesia memiliki keragaman yang sangat unik. Setiap daerah atau suku memiliki kelebihannya masing-masing serta budaya tersendiri.

Kali ini, kamu akan diajak untuk mengetahui tentang Suku Batak Toba. Suku ini tentu sudah cukup populer di pulau Sumatera. Suku Batak Toba adalah bagian dari Suku Batak. Penasaran? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Pengertian

4 Hal yang Perlu Kamu Tahu soal Etnis Batak TobaInstagram/tobanauliphotography

Suku Batak Toba adalah salah satu suku yang ada di Indonesia, berasal dari wilayah Pulau Sumatera. Suku ini merupakan bagian dari orang Batak. Beberapa tempat yang menjadi bagian dari Suku Batak Toba adalah Kabupaten Toba, Kabupaten Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Dairi, Samosir dan sekitarnya. 

Pada masa kerajaan Batak dalam pemerintahan Sisingamangaraja, kerajaan Batak dibagi menjadi empat wilayah. Setiap wilayah disebut dengan Raja Maropat. Keempat Raja Maropat hasil pembagian dari Sisingamangaraja adalah Raja Maropat Silindung, Raja Maropat Samosir, Raja Maropat Humbang dan Raja Maropat Toba. 

2. Rumah Adat

4 Hal yang Perlu Kamu Tahu soal Etnis Batak TobaInstagram/samosir_indah

Pastinya setiap suku atau daerah memiliki rumah adat dengan ciri khasnya masing-masing. Masyarakat Suku Batak Toba memiliki rumah adat bernama Rumah Bolon.

Rumah Bolon adalah bangunan yang berbentuk empat persegi panjang dan ukurannya sangat luas. 

Jika ada orang yang ingin masuk ke dalam Rumah Bolon, maka ia harus menundukkan kepala. Hal ini dikarenakan pada bagian atas terdapat beberapa balok yang posisinya melintang. 

Ketika masuk ke Rumah Bolon, setiap orang harus menaiki tangga yang ada di bagian tengah rumah. Biasanya, Rumah Bolon bisa dihiasi dengan ukiran dan lukisan yang menunjukkan kelihaian masyarakat Suku Batak Toba dalam membuat karya seni. Bagian di dalam Rumah Bolon tidak terpisah atau memiliki sekat. 

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Soal Etnis Mandailing di Sumatra Utara

3. Agama Suku Batak Toba

4 Hal yang Perlu Kamu Tahu soal Etnis Batak Tobaunsplash.com/amaury_guti

Dalam masyarakat Suku Batak Toba, mayoritas masyarakatnya memeluk agama Kristen Protestan. Ada juga Katolik, Islam dan yang masih menganut kepercayaan Parmalim.

Parmalim atau par ugamo malim adalah warga batak yang meyakini adanya Tuhan yakni Mulajadi Nabolon. Agama ini sudah ada dalam budaya masyarakat Suku Batak Toba sebelum agama lain masuk.

4. Kultural Masyarakat Suku Batak Toba

4 Hal yang Perlu Kamu Tahu soal Etnis Batak TobaIDN Times/Arifin Al Alamudi

Masyarakat Suku Batak Toba memiliki asal tempat dari wilayah Toba. Meski demikian, seiring dengan berkembangnya zaman, masyarakat berpindah tempat dari satu ke tempat lainnya. 

Untuk lebih dalam lagi, kamu bisa mendalami tentang Suku Batak Toba melalui masyarakat Batak Toba sendiri. Tujuannya adalah agar informasi yang didapatkan tidak salah dan justru membuat bingung. Jadi, apakah kamu sudah belajar beberapa hal tentang Suku Batak Toba, salah satu suku di Sumatera Utara ini? 

Baca Juga: Ini Tahapan Proses Upacara Pernikahan Adat Batak Toba

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya