Sebanyak 5.587 Mahasiswa Baru UIN Sumut Ikuti PBAK

PBAK dihadiri Wakil Gubernur Sumut

Medan, IDN Times - Sebanyak 5.587 mahasiswa baru (Maba) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut) mengikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) di Kampus IV UIN Sumut Jalan Lapangan Golf No.120, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang, yang berlangsung pada Selasa (29/8/2023).

PBAK tahun ini mengusung tema "PBAK Berwawasan Kebangsaan dan Moderasi Beragama Membentuk Mahasiswa yang Berkarakter dan Berakhlakul Karimah Menuju Indonesia Emas 2045" yang berlangsung selama 29-30 Agustus 2023.

Acara ini dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya I.E, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumut yang diwakili oleh Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Yos A. Tarigan dan Perwakilan Pangdam I Bukit Barisan.

Baca Juga: POV Wagub Ijeck Lagi Balapan Vs Bawa Cucu ke Mal, Ziroun Gemesin Deh

1. Rektor ucapkan selamat datang pada mahasiswa baru

Sebanyak 5.587 Mahasiswa Baru UIN Sumut Ikuti PBAKRektor UIN Sumut, Prof Nurhayati (dok.Istimewa)

Prof. Nurhayati selaku Rektor UIN Sumut mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru yang telah bergabung menjadi keluarga besar UIN Sumut.

"Selamat datang datang di Kampus UIN Sumut yang berkah ini. Insyaallah dengan doa yang tulus, anak-anak kami tidak hebat dalam segi IP, tapi juga harus sehat secara moral, sehat secara akhlak, dan sehat secara jasmani, dan rohani", ucapnya.

2. Jangan menyia-nyiakan kuliah, karena banyak yang tidak dapat kesempatan kuliah

Sebanyak 5.587 Mahasiswa Baru UIN Sumut Ikuti PBAKWakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah (dok.Istimewa)

Kepada Maba, Musa Rajekshah mengatakan agar dapat memanfaatkan waktu serta tidak menyia-nyiakan kesempatan ini.

"Saat ini anak-anak kami sekalian telah menjadi mahasiswa di UIN Sumut dengan jurusan dan fakultas yang masing-masing sudah memilih dan ditentukan hari ini. Mohon dan kami ingatkan sekali lagi, manfaatkan waktu. (Sebab) banyak saudara-saudara kita yang lain ingin kuliah belum mendapatkan kesempatan", pesannya.

3. Mahasiswa harus pahami budaya akademik kampus

Sebanyak 5.587 Mahasiswa Baru UIN Sumut Ikuti PBAKMahasiswa baru UIN Sumut mengikuti PBAK di Kampus IV UIN Sumut (dok.Istimewa)

Nurhayati berharap melalui PBAK ini mahasiswa baru nantinya dapat mengetahui budaya akademik serta dapat menjadi orang-orang yang berguna bagi masyarakat.

"Ini penting, ya, supaya mahasiswa kami memahami bagaimana budaya akademik di kampus ini. Mereka bisa mengetahui bagaimana pembelajarannya, kemudian bagaimana mereka bisa menyalurkan keinginan-keinginannya menjadi orang yang kuat. Apalagikan mahasiswa kita ini berasal dari desa-desa. Kita berharap, nanti dengan perkuliahan di UIN Sumut ini mereka bisa menjadi orang-orang yang berguna bagi masyarakat", harapnya.

Baca Juga: Gemesin, Presiden Jokowi Pangku Cucu Ijeck saat Ziarah ke Makam H Anif

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya