Wapres Tinjau Penanganan Stunting, Pemprov Sumut Klaim Semakin Baik

Klaim tekan stunting hingga sisa 21,1 persen

Deli Serdang, IDN Times - Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Ma’ruf Amin memulai rangkaian kunjungan kerjanya di Sumatra Utara dengan meninjau upaya penanganan stunting, Rabu (18/10/2023). Ma’ruf dan rombongan, meninjau Posyandu Melur 4, di Jalan Sultan Serdang, Gang Karya I, Desa Tumpatannibung, Kecamatan Batangkuis, Deliserdang.

Kepada Ma’ruf, Pemprov Sumut mengkalim keberhasilan menekan angka prevalensi stunting.  Di mana dari 2019 lalu di angka 30,11 persen, turun setiap tahunnya, hingga pada 2022 menjadi 21,1 persen. Bahkan lebih rendah dibandingkan nasional 21,6 persen. 

1. Pemprov Sumut menarget menekan stunting ke angka 17 persen

Wapres Tinjau Penanganan Stunting, Pemprov Sumut Klaim Semakin BaikWakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Ma’ruf Amin memulai rangkaian kunjungan kerjanya di Sumatra Utara dengan meninjau upaya penanganan stunting, Rabu (18/10/2023). (Dok Diskominfo Sumut)

Tahun ini, Pemprov Sumut menarget menekan angka stunting hingga turun ke angka 17 persen. Sehingga di 2024, sebagaimana target nasional, bisa mencapai 14 persen. Hal ini agar Sumut bisa menjadi penyumbang angka penurunan stunting bagi Indonesia.

“Sebagaimana arahan Pj Gubernur, harus berkolaborasi semua lini. Karena masalah stunting tidak bisa hanya bicara (bidang) kesehatan saja, tetapi ada faktor lain, termasuk lingkungan dan lainnya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit Hasibuan.

2. Tim percepatan penurunan stunting dinilai efektif

Wapres Tinjau Penanganan Stunting, Pemprov Sumut Klaim Semakin BaikIlustrasi stunting di Surabaya. (Dok. Diskominfo)

Kata Alwi, dengan adanya tim percepatan penurunan stunting hingga tingkat bawah bisa terus  menggeber penurunan angka stunting. Hingga mencapai target nasional 14 persen pada 2024.

Usai peninjauan Posyandu Melur 4, di Desa Tumpatannibung, Wapres RI Ma’ruf Amin memberikan keterangan kepada wartawan, terkait optimisme penurunan angka stunting di 2024 mendatang. Menurutnya, Deliserdang akan mencapai target prevalensi nasional sebesar 14 persen.

“Kabupaten Deliserdang itu sudah di bawah nasional, jadi sekarang 13,9 persen. Jadi nanti kalau tahun depan (2024) sudah, sekarang dia sudah di bawah 14 persen,” ujar Ma’ruf.

3. Wapres minta pemerintah provinsi serius tangani stunting

Wapres Tinjau Penanganan Stunting, Pemprov Sumut Klaim Semakin Baikilustrasi perbedaan tinggi anak stunting dengan anak normal (Dok. IDN Times)

Di sisi lain, Wapres menyebutkan, di tingkat Provinsi Sumut penurunan stunting mencapai 21 persen. Masih diperlukan upaya lebih untuk mencapai target nasional pada 2024.

 “Karena itu, ini harus diusahakan betul ya, percepatan penurunan, sehingga target kita untuk mencapai 14 persen itu bisa dicapai,” pungkasnya.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya