Viral Foto Ma’ruf Amin dan Kakek Sugiono, Ternyata Pelakunya Ketua MUI

MUI Tanjung Balai belum mengambil keputusan

Tanjung Balai, IDN Times – Meski sudah meminta maaf, kasus unggahan daring foto Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang disandingkan dengan aktor film dewasa dari Jepang Shigeo Takudo atau yang akrab dikenal Kakek Sugiono, berlanjut di kepolisian. Pelaku berinisial SM sudah mengaku khilaf sampai mengunggah foto itu.

Informasi yang dihimpun, ternyata SM adalah Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Sei Tualang Raso, Kota Tanjungbalai. Hal itu juga dibenarkan oleh Sekretaris MUI Kota Tanjung Balai Abdullah Rahim.

“Iya betul. Dia kan mengunggah itu atas nama pribadi. Tidak membawa nama MUI. Tapi bertepatan dia Ketua MUI Kecamatan,” ujar Abdullah, Kamis (1/10/2020).

1. Sehari-hari SM dikenal sebagai tokoh masyarakat

Viral Foto Ma’ruf Amin dan Kakek Sugiono, Ternyata Pelakunya Ketua MUIMaruf Amin dalam Rapat Terbatas yang dilaksanakan di Istana Merdeka Jakarta pada Selasa (21/7/2020) (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Abdullah Rahim mengatakan jika SM merupakan sosok yang dikenal baik di tengah masyarakat. SM juga menjadi guru ngaji yang mencetak tahfiz Qur’an di daerahnya. Selain itu, dia juga dikenal sebagai imam dan khatib.

“Tokoh masyarakat juga di daerah situ,” ujar Abdullah.

Diketahui juga bahwa SM tercatat sebagai anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sei Tualang Raso dalam Pilkada serentak 2020.

Baca Juga: Bikin Pangling, 10 Potret Sherina yang Bikin Anak 90-an Tak Berkedip

2. MUI sudah melakukan teguran, tinggal menunggu kebijakan organisasi

Viral Foto Ma’ruf Amin dan Kakek Sugiono, Ternyata Pelakunya Ketua MUIWakil Presiden RI Ma’ruf Amin kunjungan kerja ke Sukabumi (Dok. Setwapres)

Sampai sekarang, MUI Tanjung Balai belum mengambil kebijakan apapun terkait kasus yang mendera SM. Pihaknya juga belum memberikan pendampingan hukum atas kasus yang masih bergulir di kepolisian. Meskipun, secara lisan, MUI Tanjung Balai sudah memberikan teguran.

“Secara pribadi sudah bertemu. Dia juga sudah menunjukkan rasa penyesalan mendalam atas perbuatan itu. Mungkin karena kekhilafan,” ujarnya.

SM juga sudah bertemu dengan pihak GP Ansor  yang melaporkannya ke polisi. SM sudah meminta maaf kepada GP Ansor. Bahkan dengan surat pernyataan bermaterai.

“Sampai saat ini, kita belum melakukan pendampingan. Karena kita belum rapat secara pengurus. Nanti Insya Allah kita rapat, dan akan kita tentukan sikap seperti apa,” ujar Abdullah.

3. Belum diketahui apa motif SM mengunggah foto Ma’ruf dengan Kakek Sugiono

Viral Foto Ma’ruf Amin dan Kakek Sugiono, Ternyata Pelakunya Ketua MUIWakil Prasiden RI Ma’ruf Amin pimpin rapat percepatan pembangunan industri halal, Istana Wapres, Jakarta, Jumat (3/7/2020). (Dok. Setwapres)

Abdullah mengatakan jika SM benar-benar menyesali perbuatan itu. Bahkan, saat MUI menanyakan soal motifnya, SM hanya menyampaikan kata-kata penyesalan.

“Jadi kurang taulah (motif). Tapi luar biasa penyesalannya atas kekhilafan itu,” pungkasnya.

Sebelumnya, unggahan SM yang viral tapi belakangan sudah dihapus menunjukkan foto Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang disandingkan dengan Kakek Sugiono. SM juga menambahkan narasi bernada penghinaan dalam unggahannya.

“Jangan kau jadikan dirimu seperti ulama tetapi kenyataannya kau penjahat agama. Di usia senja banyaklah berbenah untuk ketenangan di Alam Barzah. Selamat melaksanakan Ibadah Shalat Jumat,” tulis akun penggunggah.

Polisi dikabarkan melanjutkan kasus itu. Bahkan kabarnya sudah dalam tahap penyelidikan. Meskipun SM sudah meminta maaf kepada GP Ansor dan masyarakat luas.

Sedangkan Kasubag Humas Polres Tanjung Balai, Iptu Ahmad Dahlan Panjaitan, membenarkannya laporan itu. Polisi masih menyelidiki kasus itu.

"Laporannya berbentuk Dumas (Pengaduan masyarakat) dan lagi ditangani oleh Sat Reskrim Polres Tanjung Balai," kata Dahlan.

Baca Juga: 10 Potret Kiki Amalia yang Masih Tampak Muda Meski Sudah Usia 38 Tahun

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya