[UPDATE] Rekor 24 Jam, Angka Pasien Sembuh COVID-19 di Sumut 64 Orang

Meski banyak yang sembuh masyarakat tidak boleh lengah

Medan, IDN Times – Sumatera Utara kembali mencatatkan rekor baru pandemik COVID-19. Namun rekor ini bukan berkaitan dengan peningkatan kasus baru dalam sehari, Jumat (26/6). Rekor yang dicatat adalah jumlah pasien sembuh yang signifikan angkanya.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Sumut melaporkan, ada 64 pasien sembuh dalam kurun waktu sehari. Ini membuat angka pasien sembuh bertambah menjadi 355.

Rekor ini sebelumnya hanya berada di angka 18 orang pada Kamis (25/6).  Meskipun begitu, masyarakat tidak boleh lengah. Tidak boleh mengabaikan protokol kesehatan.

“Pasien tersebut dinyatakan sembuh setelah menjalani karantina dan perawatan di sejumlah rumah sakit rujukan COVID-19 yang telah disiapkan Pemeritah Provinsi (Pemprov) Sumut. Mereka dinyatakan sembuh dari COVID-19 berdasarkan uji swab Polymerase Chain Reaction (PCR) atau reaksi berantai polimerase,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut dr Aris Yudhariansyah, Jumat petang.

Aris juga mengingatkan masyarakat untuk terbiasa dengan adaptasi dan kebiasaan baru yang wajib diterapkan dalam keseharian masyarakat untuk memperkecil kemungkinan terinfeksi COVID-19. Kebiasaan baru seperti memakai masker, rutin mencuci tangan dan menjauhi kerumunan bisa menekan angka COVID-19 jika terus dilakukan.

“Untuk itu, kita tidak boleh lagi sepele dengan merasa aman tidak pakai masker kemana-mana, tidak jaga jarak dan tidak taat protokol kesehatan. Apabila kita laksanakan ini secara serentak dan terus-menerus, ini akan menjadi kekuatan besar kita dalam mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Aris.

Gugus Tugas juga melaporkan penambahan kasus di Sumut. Angkanya bertambah 14 kasus menjadi 1.370 orang.

Begitu juga untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) saat ini berjumlah 1.108 orang. Sementara, Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang saat ini dirawat di rumah sakit rujukan COVID-19 di Sumatera Utara berjumlah 202 orang.

"Untuk pasien yang meninggal dunia bertambah 4 orang. Dari data sebelumnya yakni 83 orang menjadi 87 orang," pungkas Aris.

Baca Juga: [LINI MASA] Perkembangan Terkini Wabah Virus Corona di Sumatera Utara

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya