[UPDATE] 48 Tenaga Medis Positif Corona di Taput Segera Uji Swab

Angka COVID-19 di Sumut naik lagi jadi 114 orang

Medan, IDN Times – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumatera Utara memastikan 48 orang tenaga medis di Tapanuli Utara akan menjalani uji swab dengan metode reaksi berantai polimerase atau lebih umum dikenal sebagai PCR (polimerase chain reaction).

Sebelumnya para tenaga medis itu dinyatakan positif COVID-19 lewat metode rapid test atau uji cepat. Penyebabnya, mereka diduga terpapar dari salah satu pasien yang dinyatakan positif. Pasien tersebut diduga tidak terbuka dengan para tenaga medis.

“Pemeriksaan swab akan segera dilakukan. Yang Rapid test positif tadi akan dikarantina selama 14 hari. Nanti akan dilanjutkan dengan pengambilan swab yang selanjutnya akan diperiksakan di lab PCR USU,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut Mayor Kes dr Whiko Irwan, Rabu (29/4) petang.

Selain soal tenaga medis yang terpapar, Whiko juga menjabarkan soal perkembangan kasus COVID-19 di Sumut. Jumlahnya meningkat menjadi 114 orang setelah sempat bertahan pada angka 111 orang dalam beberapa hari terakhir.

Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga meningkat dari angka 138 orang menjadi 140 orang. Sementara untuk jumlah ODP hari ini adalah 2.401 orang. Jumlahnya hanya menurun dua angka  dari hari sebelumnya.

“Untuk korban meninggal tetap 12 orang, Pasien sembuh bertambah satu orang menjadi 41 . Kita patut bersyukur dengan angka kesembuhan yang meningkat. Semoga, angka kesembuhan ini terus naik dan penderita yang ada di RS segera sembuh,” terang Whiko.

Whiko juga kembali mengingatkan soal larangan mudik kepada masyarakat. Jika itu bisa dilakukan, maka bisasemakin menekan angka pemulihan. Whiko juga mengingatkan soal imbauan pelaksanaan ibadah.

“Jika beada di zona merah Maka kami sarankan untuk jemaah masjid dan jemaah gereja untuk melaksanakan ibadah di rumah. Ini dilaksanakan untuk memutus rantai penularan du tempat ibadah,” pungkasnya.

Baca Juga: Gara-gara Satu Pasien, 48 Tenaga Medis Tapanuli Utara Positif Corona

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya